Kurangi Macet, Arus Lalin di Matraman Dialihkan Mulai Pukul 9 Pagi

Kurangi Macet, Arus Lalin di Matraman Dialihkan Mulai Pukul 9 Pagi

Detik.com Jakarta – Satuan Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan melakukan rekayasa lalu lintas di Simpang Matraman guna mengurangi kemacetan. Kemacetan kerap terjadi karena adanya proyek pembangunan underpass Simpang Matraman.

Pantauan detikcom, Kamis (20/7/2017) sekitar pukul 07.35 WIB di Simpang Matraman, Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur, lalu lintas arah Jatinegara menuju Matraman lancar. Belum terjadi kepadatan kendaraan di ruas jalan ini.

Rencananya, arus lalu lintas dari arah Jatinegara menuju Senen akan dialihkan melalui Jalan Pramuka Sari II, menuju Jalan Proklamasi, dan berbelok ke kanan menuju Jalan Pangeran Diponegoro. Namun pengalihan arus ini baru akan dimulai pukul 09.00 WIB nanti.

“Belum mulai, ini kan nanti apel dulu ada dishub juga, jam 09.00 WIB,” kata salah satu petugas Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Harefa, saat ditemui detikcom, di lokasi pada waktu yang sama.

Harefa mengatakan hal ini sudah diberitahu kepada masyarakat dalam bentuk lembaran brosur serta spanduk yang dipasang di jembatan penyeberangan orang (JPO). Sat spanduk terpasang di titik JPO depan Plaza Kenari Mas, dan satu lagi di titik JPO busway Matraman.

Saat ini, petugas lalu lintas maupun dari Dinas Perhubungan (Dishub) terlihat mengatur lalu lintas. Hal ini dikarenakan lampu lalu lintas yang tidak menyala.

“Karena pembangunan underpass, maka lampu tidak menyala, jaringan dicabut. Tapi kan ada petugas polisi sama dari dishub, kita itu jaga 2 shift, kalau pagi dari jam 06.00-14.00 WIB, lalu kalau siang pukul 14.00-22.00 WIB,” jelas Harefa.

Sebelumnya, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan rekayasa arus lalu lintas di sekitar lokasi proyek akan diuji coba pada 20 Juli-27 Juli 2017. “Update terakhir rekayasa lalin di kawasan Matraman, uji coba akan dilaksanakan mulai tanggal 20-27 Juli 2017, mulai pukul 06.00-10.00 WIB,” ujar Budiyanto kepada detikcom, Selasa (18/7).
(cim/nkn)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s