Daftar Versi Windows yang Bisa Diserang WannaCrypt

Foto: Getty Images - Spencer Platt

Detik.com Jakarta – Microsoft sejatinya telah merilis patch keamanan untuk menangkal serangan ransomware seperti WannaCrypt. Sebagian versi Windows pun dipastikan kebagian update tersebut yang berarti rentan terhadap serangannya.

Malah patch keamanan yang dirilis Microsoft sudah diumumkan cukup jauh sebelum kasus WannaCrypt terjadi pekan ini, yakni sejak bulan Maret lalu. Ketika itu Microsoft mengumumkan patch keamanan bertajuk MS17-010 yang sifatnya critical.

Tujuan hadirnya tambalan keamanan itu adalah untuk menutup celah yang ada di fungsi SMB. Tak tanggung-tanggung, hampir semua varian OS Windows yang masih didukung Microsoft kebagian jatah tambalan keamanan ini.
Dilihat di halaman resmi Microsoft, mulai dari Windows Vista sampai Windows 10 diwajibkan menginstal update keamanan yang telah disiapkan. Artinya, Microsoft sudah menyadari kalau ancaman ransomware seperti WannaCrypt telah mengintai sejumlah versi OS Windows, berikut variannya.

Sayang sepertinya update keamanan ini tak diperhatikan sebagian pengguna Windows di dunia. Sehingga penyebar WannaCrypt yang tampaknya menyadari hal itu, memanfaatkan kelengahan pengguna dan menebarkan ancamannya.

Berikut daftar versi OS Windows yang berpotensi terinfeksi WannaCrypt, bila tak segera menginstal patch keamanan.

Daftar Versi Windows yang Bisa Diserang WannaCrypt*untuk desktop dan mobile, buka gambar di tab browser terpisah untuk melihat lebih jelas. Foto: microsoft

(yud/yud)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s