Agar Nutrisi Sayuran Tak Hilang, Begini Cara Tepat Mencuci dan Mengolahnya

Agar Nutrisi Sayuran Tak Hilang, Begini Cara Tepat Mencuci dan Mengolahnya

Detik.com Jakarta, Sayuran segar diketahui mengandung berbagai macam nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Namun hati-hati ya, ada cara tepat membersihkan dan mengolahnya supaya nutrisi tersebut tak hilang begitu saja.

Dikatakan oleh dr Verawati S., SpGK atau dr Vera dari RS Kemang Medical Care (KMC), ada beberapa langkah yang perlu dilakukan saat baru saja membeli sayur dan buah, yang kemudian hendak disimpan.

“Pertama cek, cuci bersih, lalu dipisahkan sesuai penggunaan. Ingat ya, cucinya jangan direndam di baskom, tapi dibilas di air mengalir. Saat memotong-motong, gunakan talenan yang berbeda dengan talenan untuk memotong daging,” ujar dr Vera.

Rendam sayur yang sudah dicuci dan dipotong dalam air bersih selama satu jam, dikeringkan, lalu dimasukkan ke dalam lemari es. “Jangan baru beli langsung dimasukkan ke dalam kulkas, lalu dicucinya baru pas mau dimasak. Cuci dulu baru disimpan di dalam kulkas,” imbuhnya.

Sementara itu, dikutip dari Web MD langkah penting untuk mencuci sayuran adalah dengan tidak merendamnya terlalu lama. Hal ini dapat membuat nutrisi penting di dalamnya, seperti vitamin C, menjadi hilang.

Memotong sayuran terlalu kecil juga diyakini dapat membuat kandungan penting di dalamnya bisa menjadi banyak terbuang. Lebih baik jika Anda memotong sayuran dalam potongan besar atau memasak mereka secara keseluruhan.

Perhatikan juga waktu memasak, suhu, dan jumlah cairan yang digunakan. Ketiga hal ini turut memengaruhi kandungan nutrisi di dalam sayur, oleh sebab itu mengukus adalah salah satu cara terbaik untuk memasak sayuran.

Namun perlu diketahui, dr Vera menuturkan bahwa retensi vitamin berkurang pada proses pemasakan yang terlalu panas dalam jangka waktu lama. Misalnya direbus terlalu lama dan digoreng.

“Lebih baik dikukus. Untuk makanan pendamping ASI (MPASI) juga begitu, dikukus lalu diblender. Semua proses pemasakan memang bikin boros vitamin keluar, tapi saya lebih menganjurkan proses masaknya dikukus,” pesan dr Vera.

Selain mengukus, memanggang adalah pilihan lain yang sehat untuk mengolah sayuran. Menumis juga bisa dilakukan, asalkan minyak yang digunakan tidak terlalu banyak. Lebih baik pilihlah minyak yang baik bagi jantung seperti minyak zaitun atau canola.(ajg/vit)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s