Hampir 5.000 Muslim Jabar Berangkat Menuju Jakarta

 Di depan Gedung Sate, Kota Bandung, massa meneriakkan Takbir pada Aksi demonstrasi umat Islam terkait pernyataan kontoversi Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang mengutip salah satu ayat Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Sebanyak 4.755 warga Jawa Barat telah berangkat menuju Jakarta untuk mengikuti aksi unjuk rasa pada, Jumat (4/11). Aksi unjuk rasa gabungan dari seluruh Indonesia ini digelar menyusul pernyataan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tentang surah Al Maidah ayat 51 yang dianggap sudah menyakiti hati Muslim.

Humas Polrestabes Bandung Kompol Reny Marthaliana mengatakan ribuan massa tersebut berangkat dari berbagai titik di Kota Bandung dengan mengendarai bus dan mobil pribadi.

“Jadi jumlah total massa gabungan dari wilayah sekitar Bandung Raya yang akan unras ke Jakarta pada 4 November 2016, yang melalui titik kumpul di sekitaran Kota Bandung sebagai berikut, massa sebanyak 4.755 orang, kendaraan bus 67 unit, kendaraan Pribadi 30 unit, bus kecil/elf empat unit, ambulans tiga unit,” kata Reny dalam rilisnya, Jumat (4/11).

Ribuan warga Jawa Barat yang tergabung dalam lima kelompok berbeda tersebut berangkat dari berbagai titik. Jumlah massa paling banyak dari Ormas Persatuan Islam (Persis).

Dalam laporannya, Reny menyebutkam 1.000 massa dari Persis perwakilan Bandung Raya dan Priangan timur berangkat dari Masjid Persis di Jalan Astana Anyar. Mereka berangkat pukul 00.00 WIB menuju Jakarta.

“Telah berangkat massa aksi unras elemen ormas Islam Persis (Persatuan Islam) wilayah Bandung Raya, Priangan timur, Sumedang, Majalengka dan Kuningan ke Jakarta untuk mengikuti aksi unras terkait penistaan agama oleh Ahok, diikuti sekitar 1.000 orang dipimpin Iman Latief (Ketua Persis Jabar),” katanya.

Persis berangkat menuju titik kumpul di Masjid Istiqlal dengan 16 bus besar, dua bus kecil, 11 kendaraan pribadi dan dua mobil ambulans. Rombongan massa dari Daarut Tauhid pimpinan Aa Gym berangkat pada 00.45 WIB. Sebanyak 795 massa bertolak ke Jakarta dengan menggunakan 21 kendaraan.

“Maksud dan tujuan keberangkatan massa dari Daarut Tauhid ke Jakarta dalam rangka menghadiri aksi damai menuntut Ahok yang diduga melakukan penistaan agama untuk segera diproses,” kata Reny.

Dewan Dakwah Indonesia (DDI) juga memberangkatkan massa 450 massa pada pukul 01.55 WIB. Serta pada pukul 05.00 WIB gabungan massa dari sekitar Bandung Raya dengan jumlah massa 850 orang dari Pusdai Jabar. Juga 650 orang dari Masjid Al-Fajr Cijagra.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s