Koordinator Demo 4 November: Ini Aksi Damai, yang Rusuh Bukan Bagian dari Kita!

Koordinator Demo 4 November: Ini Aksi Damai, yang Rusuh Bukan Bagian dari Kita!Ilustrasi Aksi Bela Islam (Foto: Hasan Alhabshy)

Jakarta – Publik tak perlu khawatir dengan aksi demonstrasi besar-besaran yang akan berlangsung 4 November mendatang. Gerakan Pengawal Fatwa MUI (GNPF MUI) yang menjadi koordinator aksi menjamin aksi tersebut aksi damai.

Koordinator GNPF MUI, Ustadz Bachtiar Nasir menjelaskan, demonstrasi tersebut akan tetap menjaga ketertiban umum dan lingkungan sekitar. Aksi ini, kata Bachtiar, semata-mata hanya untuk menyampaikan aspirasi.

“Kita dari awal komitmen untuk aksi damai. Gerakan ini non politik, gerakan ini damai. Hanya menuntut keadilan dan hukum ditegakkan,” kata Bachtiar saat berbincang dengan detikcom melalui sambungan telepon, Rabu (2/11/2016) malam.

Sebelum turun aksi, Bachtiar menjelaskan, pegiat aksi telah berkoordinasi dengan elemen penegakkan hukum yang ada untuk memastikan aksi berjalan damai. Salah satu hal yang diantisipasi adalah kemungkinan masuknya penyusup yang bisa memprovokasi massa aksi.

“Ini tidak bisa dipungkiri ada pendompleng, ada penyusup tapi kami yang bergabung sedari awal, berkomitmen, sepakat tidak rusuh, tidak merusak fasilitas umum,” ungkapnya.

“Konsolidasi kami bangun, terutama dengan kepolisian RI kami intens baik dengan Intelkam, baik dengan Kapolri. Itu kita juga terus komunikasikan dengan konsolidasi aktivitas pengamanan,” sambung dia.

Bachtiar menambahkan, massa aksi juga diimbau untuk menjaga fasilitas umum seperti taman, trotoar dan sebagainya. Untuk menghindari gunungan sampah saat demonstrasi, massa aksi yang diperkirakan berjumlah ratusan ribu orang ini juga telah diminta untuk membawa kantong plastik masing-masing.

“Seluruh peserta massa aksi saya minta untuk bawa kantong plastik, jangan buang sampah sembarangan, jangan menginjak taman. Mungkin juga ada tim khusus lebih dari 2 ribu yang pegang plastik dan sapu serta ada tim yang mengawal taman,” bebernya.

Untuk perkembangan kasus ini sendiri, siang ini Bareskrim Polri akan memanggil Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab sebagai saksi ahli. Selanjutnya, pada hari Senin (7/11) pihak terlapor yakni Ahok juga rencananya akan dipanggil ke Bareskrim.
(wsn/rvk – detik)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s