Ridwan Kamil dan Yenny Wahid Bantah Meme Dukung Ahok

JAKARTA — Penghuni lini masa tiba-tiba diramaikan dengan beredarnya meme dukungan untuk Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dari berbagai tokoh. Meme yang berisi kalimat dukungan untuk Ahok itu memang menyebar di Twitter. Hanya saja, di situ tertulis dari akun @katakitatweet. Ahok saat ini mendapat sorotan lantaran dinilai menistakan ayat suci Alquran gara-gara menafsirkan surah al-Maidah Ayat 51 terkait Pilgub DKI 2017.

Salah satu tokoh yang dicatut mendukung Ahok adalah Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Kang Emil, panggilan akrabnya, membantah telah mendukung Ahok. Dalam meme bergambar Kang Emil itu tertulis, “Yang menolak Ahok karena ia Tionghoa adalah orang bodoh.”

Dia pun bereaksi meluruskan meme yang mencatut dirinya itu. “Saya tidak pernah mengeluarkan statemen/meme ini. mohon siapa pun yg membuat/menyebarkan agar menghentikan. nuhun,” katanya melalui akun @ridwankamil.

Putri presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Yenny Zanuba Wahid, juga dicatut dalam meme berisi dukungan untuk Ahok. Dalam meme itu tertulis, “Hanya orang berhati kotor yang tak bisa menilai kebaikan Ahok.”

Yenny juga mengklarifikasi tidak pernah mengeluarkan pernyataan itu. “Pemberitahuan. Saya tidak pernah mengatakan seperti yang disebut di gambar,” ujarnya melalui akun @yennywahid.

Sontak saja, berbagai bantahan itu mengundang sindiran dari penghuni lini masa. Di antaranya, akun @awemany menulis, “Ini apa sih visi dan misi antek dan penjilat yg  bikin meme” kutipan pujian buat Ahok dari berbagai tokoh? Begitu ketahuan palsu ngga malu?”

Akun @mazariq juga prihatin dengan beredarnya meme yang ternyata bohong tersebut. “Ya Allah kasian babang emil sampe dibikin meme palsu. Usaha bener pendukung jamban.”

(Republika)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s