Konsumsi Tahu hingga Edamame Bisa Bantu Turunkan Risiko Serangan Jantung Mendadak

Konsumsi Tahu hingga Edamame Bisa Bantu Turunkan Risiko Serangan Jantung MendadakPenyakit jantung sering dikaitkan dengan pola makan yang tak sehat. Konsumsi makanan sumber omega 3 bisa bantu turunkan risiko kematian akibat serangan jantung.

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh JAMA Internal Medicine mengatakan bahwa asam lemak omega 3 berperan penting dalam proses pembekuan darah, menurunkan kadar trigliserida, mengurangi risiko serangan jantung dan stroke serta meningkatkan tekanan darah dan mengatur detak jantung yang tidak normal.

Seseorang dengan riwayat penyakit jantung disarankan untuk menerapkan pola makan sehat dan memasukkan makanan sumber omega 3 dalam diet sehari-hari.

Penelitian yang dilakukan oleh Division of Cardiovascular Medicine di Stanford University School of Medicine dilakukan untuk melihat apakah dampak omega 3 bisa didapatkan dari makanan yang berasal dari laut dan makanan nabati. Dilansir dalam NY Daily News (01/08), keduanya dapat membantu turunkan risiko kematian akibat serangan jantung atau infark miokard.

Para peneliti menganalisis data 19 studi yang didapat dari 16 negara yang melibatkan hampir 46.000 orang. Selama studi 7.973 peserta mengalami serangan jantung pertama kali dengan 2.781 korban jiwa.

Dalam studi ini ditemukan peserta yang sering konsumsi omega 3 dari makanan laut dan sumber makanan nabati memiliki risiko 10 persen lebih kecil untuk alami serangan jantung. Sedangkan peserta dengan kadar omega 3 yang rendah dalam darah lebih mungkin meninggal akibat serangan jantung.

Menurut Dr Dariush Mozaffarian dari Tufts University mengatakan ada tiga jenis lemak omega 3 yaitu Alpha Linolenic Acid (ALA), Docosahexaenoic Acid (DHA) dan Eicosapentaenoic Acid (EPA).

ALA merupakan lemak esensial dan hanya bisa didapatkan dari makanan. Sedangkan tubuh kita bisa membuat DHA dan EPA dengan bantuan ALA.

Rekomendasi konsumsi ALA setiap harinya tergantung dari usia dan jenis kelamin. Pria berusia 19 tahun ke atas membutuhkan 1,6 gram ALA setiap hari dan wanita 19 tahun ke atas membutuhkan 1,1 gram ALA setiap hari.

Berikut ini beberapa sumber ALA yang bisa Anda pilih untuk membantu sehatkan jantung Anda:

1. Edamame (1/2 cup) mengandung ALA 0,29-0,34 gram.
2. Yoghurt diperkaya omega 3(3/4 cup) mengandung ALA 0,46 gram.
3. Minuman kedelai dengan campural flaxseed dan alga yang diperkaya omega 3 (1 cup) mengandung ALA sebanyak 0,67 gram.
4. Salmon atlantik (700 gram) mengandung ALA 0,22 – 0,28 gram .
5. Sarden kaleng (700 gram) mengandung ALA 0,17-0,37 gram.
6. Kacang navy dan pinto (3/4 cup) mengandung ALA 0,17-0,24 gram.
7. Tahu (3/4 cup) mengandung ALA 0,27-0,48 gram.
8. Ground flaxseed (1 sdm) mengandung ALA 2,46 gram.
9. Biji Chia (1 sdm) mengandung ALA 1,9 gram.
10. Minyak canola (1 sdt) mengandung ALA 0,42 gram.
11. Telur omega 3 yang diperkaya DHA (2 butir telur) mengandung ALA 0,50-0,54 gram.

(odi/lus – detik)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s