4 Bahan Alami untuk Menghindari Gigitan Nyamuk

Jakarta – Gigitan nyamuk bisa sangat mengganggu, mulai dari gatal-gatal, kulit kemerahan hingga iritasi karena menggaruk terlalu keras. Memakai obat semprot untuk menghalau nyamuk bisa menjadi alternatif yang bisa dilakukan, namun kebanyakan obat nyamuk yang berada di pasaran mengandung bahan kimia yang bisa menjadi racun bagi manusia yang menghirupnya.

Salah satu cara menghindari gigitan nyamuk tanpa harus membunuh hewan dan mencemari udara adalah dengan mengoleskan lotion atau gel anti nyamuk. Perlu diketahui bahwa nyamuk mendeteksi ‘mangsanya’ dari karbondioksida yang dikeluarkan ketika seseorang bernapas. Saat bernapas, Anda akan mengeluarkan karbondioksida yang tak hanya berada di udara tapi juga menempel pada kulit.

Nyamuk akan tertarik pada karbondioksida, kehangatan dan kelembapan yang berasal dari manusia maupun hewan lainnya. Ahli ilmu serangga Renee Anderson, PhD., seperti dilansir WebMD menjelaskan begitu nyamuk mengetahui adanya karbondioksida, mereka akan mengikuti jejaknya, terbang dengan pola zigzag hingga menemukan sumber yang melepaskannya, yakni manusia. Selain itu nyamuk juga tertarik dengan senyawa kimia tertentu yang ada pada keringat manusia.

Lotion khusus anti nyamuk, bekerja ‘menyamarkan’ bau karbondioksida dan tubuh manusia dari nyamuk. Bagi yang memiliki kulit sensitif, pemakaian lotion anti nyamuk tak disarankan karena berpotensi menimbulkan reaksi iritasi hingga alergi. Lalu apa yang sebaiknya dilakukan?

Beberapa bahan alami ternyata juga bisa membuat nyamuk tidak mau ‘mendekati’ dan menghisap darah kita. Jika Anda mencari solusi untuk menolak nyamuk dengan cara lebih alami tanpa obat maupun bahan kimia, ini beberapa pilihannya, dikutip dari Health Line.

1. Minyak Lemon Eucalyptus

Minyak campuran lemon dan eucalyptus telah digunakan sebagai penolak nyamuk alami sejak 1940-an. Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat pun telah menyetujui minyak eucalyptus sebagai penolak nyamuk yang efektif. Sebuah studi menunjukkan bahwa campuran minyak lemon eucalyptus memberikan proteksi terhadap gigitan nyamuk hingga 95 persen selama tiga jam. Anda bisa membuat minyak lemon eucalyptus sendiri dengan mencampurkan minyak lemon, minyak eucalyptus dan minyak biji bunga matahari.

2. Lavender

Bunga lavender memiliki aroma yang bisa menghalau nyamuk-nyamuk. Tuangkan beberapa tetes minyak lavender pada kain bersih dan halus, lalu gosokkan kain tersebut ke kulit. Selain mencegah gigitan nyamuk, minyak lavender juga menenangkan kulit karena bersifat analgesik (menghilangkan nyeri) dan antiseptik.

3. Minyak Kayu Manis

Menurut studi yang dilakukan di Taiwan, mintak kayu manis bisa membunuh telur nyamuk sekaligus berfungsi sebagai penolak nyamuk. Namun Anda perlu berhati-hati menggunakannya karena jika diusapkan terlalu banyak, minyak kayu manis bisa menimbulkan iritasi. Campurkan sekitar 24 tetes minyak kayu manis dengan 100 ml air, lalu masukkan ke dalam botol semprot. Kocok-kocok sebelum digunakan, dan Anda bisa menyemprotkannya langsung ke kulit, pakaian, seprai atau permukaan tempat tidur.

4. Minyak Serai

Minyak serai juga termasuk bahan yang cukup populer sebagai penolak nyamuk karena aroma mirip lemon dan eucalyptus yang cukup kuat. Anda bisa memakai minyak serai sebagai olesan di kulit, atau menaruhnya di wadah khusus sebagai penyegar ruangan alami.

Perlu diingat meskipun sebagian besar bahan berasal dari tanaman, minyak esensial bisa menimbulkan efek iritasi jika digunakan dalam terlalu banyak dan dengan konsentrasi tinggi. Minyak esensial sebaiknya tidak digunakan sendiri langsung ke kulit tapi perlu dicampurkan dengan bahan lain misalnya lotion atau air. (hst/hst – detik)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s