Yuk Cegah Penuaan Dini dan Jaga Kesehatan Kulit dengan Buah Ini

Jakarta, Bagi wanita, kesehatan kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang penting untuk dijaga. Selain meningkatkan rasa percaya diri, kulit sehat juga mencegah penuaan dini terjadi.

Salah satu asupan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini adalah buah-buahan segar. Menurut dr Nadjibah Yahya, Dipl. CIBTAC dan Rachma S. Sutrisno, MSi dalam bukunya yang berjudul ‘Terapi Jus: Cara Nikmat Hidup Sehat’, nutrisi yang mengandung antioksidan biasanya tersimpan dalam buah-buahan.

Ya, salah satu usaha yang bisa dilakukan untuk menunda proses penuaan adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan dalam buah dikatakan mampu menangkal radikal bebas yang berasal dari polusi atau sinar ultraviolet.

“Buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C merupakan sumber antioksidan yang bermanfaat untuk menunda penuaan. Beberapa buah tersebut adalah semangka, melon dan stroberi,” ungkap para penulis.

Daging buah semangka memiliki khasiat mendinginkan dan menyegarkan kulit yang terbakar sinar matahari. Buah semangka juga mampu mengencangkan jaringan tubuh serta menambah kadar air dalam kulit.

Bagian berwarna hijau di dekat kulit semangka kaya akan likopen. Nah, likopen ini dapat mengatasi masalah kulit seperti kulit kering, kusam dan mengendur. Likopen juga diyakini mampu membuat wajah menjadi lebih segar dan bercahaya.

“Stroberi kaya akan nutrisi dan serat. Stroberi juga mengandung kalium, karotenoid, klorofil dan vitamin C yang mampu menggiatkan peremajaan sel. Sementara melon mengandung vitamin C, bermanfaat menghaluskan kulit dan meningkatkan imunitas tubuh,” imbuh penulis.

Selain dari buah-buahan, susu kedelai dan kenari juga memiliki manfaat serupa. Susu kedelai mengandung isoflavin, lesitin, dan asam fitat yang mampu memacu proses peremajaan sel. Sedangkan kenari mengandung lemak sehat omega-3, asam amino dan asam folat yang juga berfungsi untuk menggiatkan peremajaan sel.

(ajg/vit – detik)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s