Begini Cara Mudah Menakar Porsi Makanan Anak dengan Ukuran Tangan

Selain dalam bentuk gram, konversi porsi makan bisa diukur dengan tangan. Cara ini lebih praktis karena grafik atau takaran porsi sulit dibayangkan.

Aturan porsi makan yang bervariasi kerap menyarankan jumlah yang berbeda dari tiap makanan. Dan banyak orang yang tidak tahu porsi makan yang sebaiknya diterapkan setiap hari.

“Cara paling sederhana untuk mengonversi ukuran porsi makanan dapat menggunakan ukuran tangan,” tutur Jansen Ongko, selaku ahli gizi.

Untuk mengonversi jenis karbohidrat seperti pasta, Anda bisa menggunakan kepalan tangan. Pasta sebanyak kepalan tangan berkisar antara 75 gram, walaupun terlihat sedikit, akan tetapi pasta menyerap air sehingga cukup untuk memenuhi 1/4 piring makan untuk wanita. Sedangkan untuk pria menggunakan dua kali kepalan tangan terbalik.

Protein hewani seperti daging sebaiknya tidak lebih dari seukuran telapak tangan (tidak termasuk jari) untuk tiap kali makan. Berat daging tersebut kira-kira 100 gram dengan ketebalan sekitar setumpukan kartu, untuk pria sebaiknya menggunakan dua kali telapak tangan.

Selain itu, ikan juga menjadi salah satu protein yang rendah lemak. Konsumsi ikan seperti dory dan gindara sebaiknya seukuran telapak tangan dalam keadaan datar (termasuk jari). Berat ikan ini sekitar 150 gram.

Sayuran yang wajib dikonsumsi setiap hari juga punya ukuran tersendiri. Untuk bayam atau jenis sayuran lainnya seperti brokoli, bayam dan wortel bisa menggunakan ukuran kepalan tangan. Pastikan bayam mentah yang diukur bukan bayam yang sudah direbus.

Berat sayuran dengan kepalan tangan ini memiliki berat sekitar 80 gram ini dapat dihitung 1 dari 5 porsi buah dan sayur yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Khusus untuk pria sebaiknya gunakan 2 porsi seukuran kepalan tangan sayuran setiap kali makan.

Buah kecil seperti berries dikonsumsi dua tangkup telapak tangan dengan posisi agak cekung. Sama halnya dengan sayuran hijau, berat sajian ini sekitar 80 gram dan memenuhi 1 dari 5 porsi buah yang dianjurkan setiap hari.

(odi/lus – detik)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s