Agar Bobot Tak Naik Turun, Terapkan 5 Tahapan Diet Sehat Ala Pakar Berikut

Jakarta, Jika Anda ingin memiliki berat badan yang lebih sehat dan stabil, maka pengaturan pola makan alias diet yang dilakukan harus direncanakan sejak awal. Jangan secara drastis Anda tiba-tiba mengurangi jatah makan.

Seperti disampaikan oleh pakar gizi Jansen Ongko, MSc, RD dalam bukunya yang berjudul ‘Fit Teen’s Diary’, ada lima tahapan berdiet yang bisa dilakukan. Memahami setiap tahapan tersebut dapat membuat Anda memahami langkah-langkah yang bisa dilakukan agar tak ‘tersesat’ dan terjebak sindrom yoyo, berikut daftarnya:

Tahapan 1: Ketidaktahuan

Bagi yang berada pada tahap awal ini, kesadaran untuk hidup sehat orang tersebut menurut Jansen masih belum terbentuk. Belum ada keinginan untuk memperbaiki diri karena belum mengetahui efek samping dari gaya hidup buruk tersebut.

Tahapan 2: Pengamatan

“Pada tahap ini Anda sudah memiliki wawasan dan pengetahuan tentang bahayanya pola hidup tak sehat, namun belum melakukan tindakan apapun untuk memperbaikinya,” imbuh Jansen.

Pada tahapan ini, penting bagi Anda untuk mengumpulkan berbagai informasi tentang pola makan sehat, olahraga, serta menentukan metode diet seperti apa yang ingin dijalani. Jika perlu, Anda bisa mulai mencatat jadwal menu makan dan olahraga yang sesuai kebutuhan Anda.

Tahapan 3: Persiapan

Setelah informasi terkumpul, jangan asal langsung melakukan tahap pelaksanaan secara ekstrem. Lakukan persiapan yang lebih matang terlebih dahulu. “Mintalah dukungan moril dari keluarga atau teman dekat atas upaya Anda memperbaiki gaya hidup, agar mereka bisa mengingkatkan Anda jika Anda sedang jenuh,” ujar Jansen.

Tahapan 4: Tindakan

Ini merupakan tahap penting bagi Anda yang pernah mencoba menjalani berbagai macam metode diet. Menurut Jansen, jika Anda sudah berada pada tahapan ini dan tak ingin terjebak dalam sindrom yoyo, maka pastikan metode diet Anda bukan diet ekstrem. Lakukan pengaturan pola makan dan olahraga sesuai kondisi tubuh, jika perlu konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli gizi.

Tahapan 5: Pemeliharaan

Sering dianggap enteng, padahal ini merupakan tahap yang tak kalah pentingnya. Pada tahap kelima ini, Anda sebaiknya mengkaji ulang gaya hidup yang sedang dijalani, meskipun Anda sudah puas dengan hasil yang diperolah.

“Tujuannya adalah memastikan apakah metode yang dijalani sudah benar dan sehat. Jangan takut jika menemukan kesalahan, Anda bisa memulai lagi kok dengan cara yang lebih baik. Misalnya konsultasi dengan ahlinya agar tidak mengulangi kesalahan yang sama,” pesan Jansen.

(ajg/vit-detik)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s