Buat Sayuran Panggang yang Enak dan Renyah dengan Trik Ini

Buat Sayuran Panggang yang Enak dan Renyah dengan Trik Ini

Bosan dengan sayuran tumis? Sesekali coba saja panggang sayuran. Selain enak dan aromatik, sayur panggang juga menyehatkan.

Sayuran panggang jadi pilihan tepat bagi yang sedang menjalani pola makan sehat. Sebab rendah kalori dan kaya nutrisi. Apalagi jika disantap bersama menu BBQ.

Meski mudah, membuat sayuran panggang tetap perlu perhatian khusus. Supaya sayuran matang merata, tidak terlalu lembek dan masih renyah saat digigit. Berikut beberapa trik dalam memanggang sayuran.

1. Jenis sayuran

Ada beberapa tipe sayuran yang paling tepat untuk sayur panggang. Karena teksturnya cukup padat dan terasa juicy bila dipanggang. Termasuk diantaranya paprika, terung, tomat, jamur, jagung, zucchini dan bawang bombay. Bisa juga kentang, ubi, labu atau wortel.

Sayuran yang tak cocok dipanggang biasanya punya kandungan air tinggi. Seperti mentimun, seledri, dan sebagian besar sayuran berdaun hijau.

2. Potongan

Supaya sayuran matangnya bersamaan, perlu siasati bentuknya. Sebaiknya potong-potong sayuran dalam ukuran dan ketebalan sama besar. Potongan kecil dan tipis membuat sayuran bisa lebih cepat matang atau hangus.

3. Bumbu

Biasanya sayuran panggang memakai bumbu sederhana. Supaya rasa segar sayuran tetap menonjol. Kebanyakan hanya menggunakan bawang putih, rempah atau herba segar.

4. Olesan minyak
Untuk membuat sayuran panggang, terlebih dahulu olesi sedikit minyak. Sebab sayuran akan langsung kering saat terkena panas, bila tidak ada lapisan minyak. Baluri saja sedikit minyak pada sayuran dan ratakan. Selain tidak kering, penggunaan minyak ikut membantu melekatkan bumbu.

5. Panggangan
Sayuran bisa dipanggang memakai grill atau oven. Biasanya pemakaian grill memberi aroma smoky yang lebih sedap pada sayuran.

Saat langsung ditempatkan di atas grill, jangan gunakan api besar terlalu lama karena permukaan sayuran bisa gosong sedangkan bagian dalamnya masih mentah. Lebih baik pakai api sedang. Sayuran juga bisa diberi lapisan aluminium foil untuk menghindari panas langsung.

Jika dipanggang dalam oven, memakai suhu tinggi akan menjadikan kandungan gula dalam sayuran meleleh. Ini membuat sayuran renyah, terasa lebih manis dan kandungan nutrisinya terjaga.

6. Waktu masak

Tiap sayuran punya waktu panggang berbeda sampai mencapai kematangan. Namun sebaiknya saat memanggang, gabungkan jenis bertekstur mirip. Misalnya kentang dan wortel yang keras lebih baik dimasak bersama. Karena jenis ini lebih lama proses masaknya. Begitu pula dengan sayuran lebih lunak seperti terung dan zucchini.

(odi/msa – detik)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s