Duh! Ayah yang Gemuk ‘Hasilkan’ Anak Perempuan yang Rentan Kanker

Jakarta, Tiap kali mengandung, ibu diharapkan tidak mengalami kenaikan berat badan yang drastis karena dikhawatirkan mengganggu perkembangan janin dalam rahimnya. Tetapi bagaimana jika ayah yang kegemukan?

Sebuah riset terbaru mengungkap, ayah yang gemuk saat melakukan konsepsi menghasilkan anak yang juga berisiko gemuk, bahkan meski ibunya memiliki bobot normal.

Duh! Ayah yang Gemuk Hasilkan Anak Perempuan yang Rentan Kanker

Tak hanya itu, mereka juga kelak lebih berisiko mengidap kanker, dan dampak paling nyata dirasakan oleh anak perempuan. Kankernya tak lain adalah kanker payudara, dengan risiko mencapai 30 persen, meskipun penelitian hanya didasarkan pada pengamatan tikus jantan dan keturunannya.

Mengapa bisa begini? Peneliti menemukan bahwa kegemukan mengakibatkan perubahan microRNA yang ada pada DNA sperma sang ayah, juga jaringan payudara anak perempuannya.

Artinya, microRNA berperan penting dalam meneruskan informasi epigenetik dari si ayah ke anak perempuannya. Inilah yang menjadi sumber kekhawatiran peneliti, sebab microRNA berfungsi mengatur ‘penerimaan sinyal’ insulin yang berkaitan dengan perubahan pada berat badan dan faktor lain yang menyebabkan munculnya kanker.

Dengan kata lain, karena kegemukan, informasi epigenetik yang ‘diwariskan’ dari ayah ke anak perempuannya menjadi berubah, yang pada akhirnya berakibat pada meningkatnya risiko si anak untuk terserang kanker.

“Dari pengamatan kami, perubahan epigenetik pada sperma tadi tenyata memang memiliki konsekuensi pada risiko kanker generasi penerusnya,” tandas peneliti, Sonia de Assis dari Georgetown University Medical Centre.

Sekarang mereka tinggal memastikannya dengan melakukan pengamatan pada manusia. Namun sebelum hal ini bisa dipastikan, Sonia berharap agar para orang tua mengadopasi gaya hidup sehat demi kelangsungan hidup anak-anaknya kelak.

“Baik calon ibu ataupun ayah, dianjurkan mengadaptasi pola makan seimbang dan menjaga berat badannya tetap ideal. Tidak hanya untuk keuntungannya sendiri, tetapi juga menyehatkan anak turunnya nanti,” tutup Sonia seperti dilaporkan Daily Mail.

(lll/vit – detik)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s