Begini Cara Agar Bisa Sholat di Depan Kabah

Makkah – Bisa merasakan sholat di depan Kabah merupakan pengalaman yang luar biasa saat umroh di Makkah, Arab Saudi. Inilah beberapa cara agar bisa sholat di depan Kabah.

Menjadi kiblat sholat umat Muslim, siapapun akan terharu saat melihat langsung bangunan Kabah yang suci. Tak hanya ingin sholat di Masjidil Haram, namun pernah merasakan sholat di depan Kabah jadi pengalaman perjalanan tersendiri.

Meski selalu dipenuhi jamaah, namun bukan berarti Anda tak bisa merasakan pengalaman sholat di depan Kabah. Disusun detikTravel, Selasa (7/6/2016) inilah beberapa cara agar bisa sholat di depan Kabah:

1. Datang awal

Butuh persiapan matang jika ingin sholat dekat dengan Kabah. Anda tak bisa datang 15 menit sebelum adzan, karena pada saat itu sudah tentu masjid ditutup.

Datang awal jadi kunci keberhasilan menuju masjidil haram. Paling lambat 1 jam sebelum adzan dan Anda pun masih bisa mencari tempat dekat dengan Kabah.

2. Khusus wanita, caril area khusus di lingkaran Kabah

Wanita tidak bisa sholat sembarangan di Masjidil Haram. Ada area khusus untuk jamaah wanita. Namun bukan berarti tak bisa dekat dengan Kabah.

Di dekat lingkaran tawaf, ada area-area yang sudah dibagi untuk sholat. Garda berwarna putih untuk wanita, sedangkan garda berwarna hijau untuk pria.

Jika datang lebih awal, pastikan untuk mendatangi area yang dilindungi garda berwarna putih. Makin jauh dari waktu sholat, makin lowong area tersebut. Selamatkan tempat di bagian paling depan agar masih bisa melihat Kabah dengan lebih dekat.

3. Untuk pria, tawaf saja sampai adzan tiba

Jamaah pria lebih beruntung. Mereka bisa sholat lebih dekat dengan Kabah. Bahkan bisa sholat langsung di depan ka’bah tanpa terhalang orang lain.

Bukan tidak mungkin untuk bisa sholat di depan Kabah langsung. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melakukan tawaf dulu saat menjelang adzan.

Selagi tawaf, majulah selangkah-selangkah menuju inti lingkaran. Sekitar 10 menit sebelum adzan, barisan shaf akan dibuat dan kalau beruntung, Anda bisa berada di lingkaran depan. Otomatis sholat di depan Kabah.

4. Ingin lihat lebih jelas, pilih tawaf di lantai 2

Bagi para wanita yang ingin sholat di depan Kabah, bisa naik ke lantai dua. Di sana ada lingkaran tawaf yang bisa didatangi. Caranya sama, yaitu tawaf sampai adzan tiba.

Jika sudah adzan, otomatis kegiatan tawaf berhenti dan Anda pun bisa sholat di sana. Tapi jangan lupa melanjutkan tawaf sampai 7 kali ya setelah selesai sholat!

5. Duduk saat orang lain sudah membuat shaf

Kalau pun Anda berhasil ada di lingkaran depan Kabah, masih ada kemungkinan tidak bisa sholat. Karena banyak orang yang merangsek dan ingin sholat di sana. Maka dari itu, jika shaf sudah terbentuk, jangan banyak bergerak.

Duduklah dengan tenang mengikuti garis yang ada. Jika sudah begitu, Anda bisa tenang sholat sunah sebelum sholat wajib setelah dipastikan mendapat tempat di shaf tersebut.

Jika masih bingung dan mencari-cari tempat, bisa-bisa malah tak dapat salat. Karena banyak juga yang hanya berdiri kebingungan karena tak punya shaf saat iqamat tiba.

(rdy/fay – detik)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s