4 Minuman yang Harus Dihindari Sebelum Berolahraga

Jakarta – Saat berolahraga yang mengeluarkan banyak keringat, mencukupi kebutuhan cairan sebelum, saat dan setelah berolahraga tentunya wajib dilakukan untuk mencegah dehidrasi. Tapi memerhatikan bentuk cairan yang Anda asup juga tak kalah penting.

Berdasarkan penelitian dari Columbia University, Anda disarankan minum 600 ml atau sekitar 2,5 gelas air putih dua jam sebelum olahraga dan tambahan 250 ml saat pemanasan. Sebelum berolahraga, Anda juga tidak dianjurkan mengonsumsi empat minuman ini karena bisa mengurangi optimalitas hasil olahraga. Apa saja?

1. Minuman Mengandung Susu

“Minuman berbasis susu lebih bagus dikonsumsi setelah olahraga ketimbang sebelum,” ujar Angela Onsgard, R.D, pakar nutrisi di Miraval Resort & Spa, Tucson, Arizona, seperti dikutip dari Women’s Health.

Komposisi susu adalah protein, karbohidrat dan lemak yang memerlukan banyak waktu dan energi untuk dicerna tubuh. Bukan ‘kombinasi’ yang baik saat Anda berolahraga karena bisa membuat perut tidak nyaman dan aktivitas olahraga pun tak maksimal. Jika ingin tambahan tenaga, sebaiknya konsumsi protein shake yang tidak mengandung lemak dan karbohidrat.

2. Sari Buah

Minuman sari buah biasanya tinggi akan gula, dan menurut Angela, merupakan minuman terburuk untuk dikonsumsi sebelum nge-gym.

“Sebagian besar sari buah mengandung sirup gula jagung yang tinggi fruktosa, pemanis buatan manusia yang terbukti memicu kerusakan liver, mengganggu metabolisme dan menyebabkan obesitas,” tegas Angela.

Jika ingin menambah kesegaran pada air minum, cukup tambahkan botol air putih Anda dengan potongan lemon, jeruk, berry, daun mint atau basil. Bisa juga minum air kelapa yang akan menggantikan elektrolit yang hilang selama berolahraga.

3. Minuman Beralkohol

Minum alkohol saat berolahraga? Bukan pilihan yang baik. Bahkan jika Anda telah meminumnya beberapa jam sebelum olahraga, efeknya akan tetap tidak bagus bagi tubuh.

“Alkohol menyebabkan dehidrasi, peradangan dan merusak keseimbangan tubuh. Jika Anda benar-benar perlu minuman yang menambah tenaga, sebaiknya pilih kopi hitam. Kandungan kafeinnya bisa meningkatkan kewaspadaan dan performa olahraga,” saran Angela.

4. Minuman Bersoda

Minuman bersoda memberi sensasi rasa segar pada tenggorokan. Tapi ‘keuntungan’ nya hanya di mulut saja. Begitu masuk ke dalam tubuh, soda bisa menyebabkan kembung, sakit perut dan produksi gas berlebih yang membuat perut tak nyaman.

Minuman soda juga mengandung sodium yang mengeluarkan cairan dari sel-sel tubuh sehingga Anda bisa dehidrasi. Selain itu kebanyakan minuman soda tinggi akan gula yang berefek kurang baik bagi tubuh, terutama jika dikonsumsi sebelum olahraga seperti migrain, pusing dan emosi tak labil.

“Ketimbang soda, minumlah teh hijau dingin. Teh hijau tinggi antioksidan alami dan telah terbukti bisa mengurangi risiko beberapa jenis kanker,” pungkasnya. (hst/hst)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s