Ingat! Jumlah Konsumsi Buah dan Sayur Itu Minimal 5 Porsi Sehari

 

Jakarta, Konsumsi sayur dan buah amat penting untuk mendukung kecukupan nutrisi. Sayangnya, di Indonesia konsumsi buah dan sayur masih kurang.

Sebut saja data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 yang menunjukkan proporsi penduduk Indonesia berusia di atas 10 tahun yang kurang mengonsumsi sayur dan buah mencapai 93,5 persen.

“Sedih ya, padahal kita tahu sayur dan buah bisa berefek baik untuk pencegahan penyakit,” tutur Kepala Departemen Gizi RS Cipto Mangunkusumo Dr dr Fiastuti Witjaksono MSc, MS, SpGK dalam Media Workshop Zespri ‘Awali dengan Buah’ di Double Tree Hotel, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (25/5/2016).

Lebih lanjut, dr Fias menyebutkan anjuran internasional yakni mengonsumsi setidaknya 2 jenis buah dan 5 jenis sayur. Atau, jika digabung per harinya direkomendasikan mengonsumsi minimal 5 porsi atau 4,5 mangkuk buah dan sayur. Di Indonesia pun, Kementerian Kesehatan merekomendasikan konsumsi sayur 3-5 porsi dan buah 2-3 porsi per hari.

Menurut Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Departemen Pertanian 2013, dibanding negara lain, Indonesia memiliki jumlah konsumsi buah dan sayur yang lebih rendah dibanding negara lain, dengan jumlah tidak sampai 50 kg/kapita/tahun.

“Jumlah konsumsi buah 34,55 kg/kapita/tahun dan sayurnya 40,35 kg/kapita/tahun. Padahal, rekomendasi FAO, harusnya buah dan sayur itu konsumsinya 73 kg/kapita/tahun dengan standar kecukupan sehat jumlahnya 91,25 kg/kapita/tahun. Kalau di Indonesia dijumlah, sekitar 70 kg/kapita/tahun berarti masih kurang ya,” papar dr Fias.

Ia menambahkan, salah satu studi yang dipublikasi di England Journal of Medicine tahun 2016 mengungkapkan semakin sedikit konsumsi buah, risiko terkena penyakit degeneratif sampai menyebabkan kematian meningkat.

“Untuk itu yuk mulai sekarang rutinlah konsumsi buah dan sayur lima sampai delapan porsi sehari. Banyak sekali manfaat dari konsumsi buah dan sayur, termasuk mencegah penyakit tidak menular yang saat ini jumlahnya makin meningkat,” pungkas dr Fias.

(rdn/vit – detik)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s