Terlalu Sibuk untuk Olahraga? Luangkan Waktu 60 Detik, Coba Teknik Ini

Jakarta, Manfaat terbaik dari berolahraga tidak selalu harus didapat dari berlatih selama berjam-jam. Dengan teknik tertentu, latihan 60 detik bisa memberikan hasil setara dengan olahraga biasa selama 45 menit.

Para ilmuwan dari McMaster University membuktikan hal itu dalam sebuah penelitian terbaru. Mereka membandingkan 2 teknik olahraga yang cukup populer saat ini, yakni Sprint Interval Training (SIT) dan Moderate Intensity Continuous Training (MICT).

SIT merupakan sebuah rangkaian gerakan yang terdiri dari 2 menit pemanasan, 3 menit pendinginan, dan 2 menit bersepeda ringan pada setiap jeda. Gerakan inti yang diklaim memberikan manfaat paling besar dalam olahraga ini adalah sprint atau bersepeda dengan kecepatan tinggi, yang hanya butuh waktu 3 kali 20 detik alias total 60 detik.

Dalam pengamatan selama 12 pekan, SIT dengan durasi sangat pendek ini memberikan hasil yang sama seperti MICT. Padahal dalam MCIT, waktu yang dibutuhkan mencapai total 50 menit. Bandingkan dengan SIT yang hanya 10 menit, dengan gerakan inti yang bahkan hanya 60 detik.

“Ini adalah stretegi olahraga yang sangat efisien dari sisi waktu. Olahraga berat meski hanya singkat memberikan hasil yang efektif,” kata Prof Martin Gibala yang mempimpin penelitian ini, dikutip dari Dailymail, Senin (2/5/2016).

Pada MICT, total waktu yang dibutuhkan adalah 50 menit. Rinciannya adalah 45 menit bersepeda dengan pace moderat atau irama sedang, 2 menit pemanasan dan 3 menit pendinginan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s