Perempuan Lebih Berisiko Alami Gangguan Tiroid

Jakarta, Baik laki-laki maupun perempuan, sama-sama bisa mengalami gangguan tiroid. Namun ternyata perempuan yang lebih berisiko. Mengapa demikian?

“Wanita itu mengalami fase kehidupan yang membuat respons imunnya berubah-ubah. Misalnya, pada saat pubertas adanya lonjakan hormon kelamin sehingga mengganggu profil sel-sel imun tersebut,” kata Dr dr Dyah Purnamasari,  SpPD-KEMD dari RSCM Jakarta.

Terganggu sel-sel imun tersebut, menurut dr Dyah yang akan membuat seseorang menjadi lebih sensitif daripada sebelumnya. Selain itu juga perubahan mood bisa terjadi ketika wanita tersebut hamil atau menyusui dan mampu membuat  respons sel-sel imun menjadi terganggu.

Tiroid sendiri merupakan kelenjar di bagian depan leher yang mengendalikan metabolisme dan fungsi normal tubuh, seperti mengubah makanan menjadi energi. Apabila terjadi gangguan pada tiroid, akan menyebabkan komplikasi tiroid seperti hipertiroid dan hipotiroid.

“Untuk perempuan yang telah mengalami menopause saat berusia 60 tahun, hipertiroid akan menghilang dengan sendirinya. Namun, apabila  mengalami hipoteroid kondisinya akan semakin berat karena kekurangan hormon tiroid,” lanjut dr Dyah saat ditemui dalam seminar bertemakan ‘Good Doctor For the Great Family – Seminar on Managing Thyroid Disorders’ di Hotel Grand Mercure, Jl Hayam Wuruk, Jakarta Pusat, Minggu (1/5/2016).

Perlu diketahui, hipertiroid merupakan permasalahan pada fungsi tiroid yang disebabkan akibat kelebihan produksi pada kelenjar tiroid atau overfungsional. Kondisi ini akan menyebabkan gangguan pada metabolisme tubuh.

Sedangkan hipotiroid merupakan kondisi menurunnya sintesis dan sekresi hormon tiroid dari kelenjar tiroid itu sendiri. Pada umumnya, kondisi ini disebabkan oleh kurangnya asupan gizi berupa iodine atau yodium.(vit/vit-detik)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s