Bagi Atlet, Konsumsi Dark Chocolate Bisa Tingkatkan Performa di Lapangan

Bagi Atlet, Konsumsi Dark Chocolate Bisa Tingkatkan Performa di LapanganJakarta, Dark chocolate atau cokelat hitam sudah terbukti bisa bermanfaat bagi sistem kardiovaskular. Tak hanya itu, konsumsi dark chocolate juga bermanfaat bagi para atlet lho.

Adalah studi dari London’s Kingston University yang menunjukkan bahwa konsumsi dark chocolate sama baiknya dengan konsumsi jus bit. Saat ini, tak sedikit atlet yang mengonsumsi jus bit secara rutin untuk memperbaiki performa mereka di lapangan.

Pada jus bit, terkandung nitrate yang diubah menjadi oksida nitrat dalam tubuh manusia. Oksida nitrat ini membantu melebarkan pembuluh darah dan mengurangi konsumsi oksigen sehingga atlet bisa beraksi lebih lama.

“Untuk melihat apakah dark chocolate sama bermanfaatnya dengan jus bit, saya dan tim fokus pada kandungan bernama epicatechin yang juga meningkatkan produksi oksida nitrat pada tubuh,” kata salah satu peneliti, Rishikesh Kankesh Patel.

Dikutip dari Counsel Heal, Patel dan tim melibatkan 9 orang pesepeda di mana separuhnya diberi snack dark chocolate yang kaya akan flavanol dan sisanya diberi white chocolate. Kemudian, detak jantung dan konsumsi oksigen mereka diamati di laboratorium di University’s Penrhyn Road. Setelah tujuh hari, snack masing-masing grup ditukar.

Hasilnya, saat mengonsumsi dark chocolate, pesepeda menggunakan lebih sedikit oksigen ketika bersepeda dengan kecepatan sedang. Mereka pun memiliki waktu bersepeda 2,5 menit lebih lama dengan fisik yang masih prima.

Dari studi yang dilakukan, Patel merekomendasikan dark chocolate bisa menjadi salah satu menu diet bagi para atlet. Ia mengatakan, studi tersebut menemukan bahwa orang-orang bisa berolahraga lebih lama dengan efektif usai mengonsumsi dark chocolate.

“Baik jus bit atau dark chocolate bisa menambah oksida nitrat dalam tubuh. Ini bisa menjadi terobosan baru di mana nantinya makanan kaya flavanol seperti dark chocolate bisa menambah performa atlet,” kata Patel. Studi yang ia lakukan sudah dipublikasikan di Journal of the International Society of Sports Nutrition. (detik)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s