7 Manfaat Mengejutkan Seledri untuk Tubuh

Seledri

Seledri memiliki nama latin Apium Graveolens. Seledri sering dijadikan bumbu penyedap dalam masakan berkuah, karena aromanya yang khas, dapat mengeluarkan aroma masakan dan membuat naik rasa selera makan. Seledri juga sering dijadikan hiasan untuk mempercantik tampilan masakan saat penyajiannya.

Daun seledri memiliki kandungan tinggi vitamin A, sementara batang seledri merupakan sumber vitamin B1, B2, B6 dan C dengan pasokan kaya potasium, folat, kalsium, magnesium, besi, fosfor, natrium dan kandungan asam amino esensial yang tinggi. Ternyata, di balik kebiasaan kita menggunakan daun seledri ini, ada banyak manfaat mengejutkan yang terkandung didalamnya. Dilansir dari Lifehack, berikut manfaat mengejutkan dari seledri.

Melawan kanker

Salah satu manfaat terbaik dari seledri adalah sifat anti-kankernya. Sebuah studi dari Universitas Illinois menemukan bahwa seledri kaya akan senyawa yang disebut Luteolin, yang dapat membantu menurunkan pertumbuhan sel kanker pada pankreas. Mengkonsumsi rutin seledri dapat menurunkan risiko kanker payudara karena menghambat pembentukan sel kanker payudara.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah pintu gerbang ke kondisi kesehatan yang serius.. Untuk mengurangi risiko penyakit yang mengancam jiwa ini, memilih diet yang tepat dan efektif sangat penting dalam mengontrol tekanan darah. Di antara semua sayuran, seledri sangat cocok untuk mengontrol tekanan darah.

Seledri mengandung senyawa yang disebut Phthalide yang dapat mengurangi produksi hormon stres, sehingga memberikan relaksasi pada otot-otot di sekitar arteri dan memfasilitasi sirkulasi darah. Kandungan kalium dalam seledri juga dapat membantu menstabilkan denyut jantung dan menurunkan tekanan darah.

Menurunkan kolesterol
Kolesterol tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan masalah serius bagi tubuh karenadapat  menyebabkan masalah seperti batu empedu. Mengkonsumsil seledri secara teratur dapat membantu menjaga kadar kolesterol normal untuk menghasilkan hormon dan mengatur vitamin D dalam tubuh. Terlebih lagi, senyawa unik yang disebut 3-n-butylphthalide (BuPh) berfungsi menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Sebuah penelitian oleh Universitas Chicago menunjukkan bahwa mengkonsumsi dua tangkai seledri sehari dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL) hingga 7 poin.

Membuat mata sehat

Vitamin E adalah salah satu nutrisi yang penting untuk menjaga mata agar tetap sehat. Mengkonsumsi satu tangkai besar seledri sehari dapat memberikan kontribusi hingga 10 persen dari kebutuhan harian untuk vitamin E. Selain itu, kehadiran antioksidan seperti flavonoid dan fitonutrien polifenol dalam seledri juga membantu untuk melembabkan mata kita.

Meningkatkan pencernaan

Tubuh dapat menyerap nutrisi dengan baik bila fungsi sistem pencernaan juga baik. Memiliki tinja yang keras atau sembelit adalah tanda-tanda pencernaan tidak lancar. Kandungan air yang tinggi dalam seledri dapat memfasilitasi pencernaan dan memudahkan ekskresi. Demikian pula, dengan senyawa yang disebut NBP dapat meningkatkan sirkulasi dalam usus, sehingga membantu tubuh untuk detoksifikasi.

Menurunkan berat badan
Kelebihan berat badan merupakan masalah sehari-hari yang mengganggu sebagian orang. Orang yang berjuang untuk menurunkan berat badan memilih diet terbaik untuk diri mereka sendiri. Selama proses ini, kadang-kadang sulit untuk memilih makanan rendah kalori, tetapi kaya akan nutrisi.

Di sinilah seledri berperan sebagai makanan diet yang sempurna untuk menurunkan berat badan. Seledri memberikan nutrisi penting seperti magnesium dan kalium. Satu tangkai besar seledri hanya mengandung 10 kalori. Hal ini dapat membantu mengatur lipid dan lemak dalam tubuh untuk mengontrol metabolisme dan membatasi kelebihan berat badan.

Penyubur rambut

Rambut merupakan mahkota kepala yang harus dirawat dengan baik bagi setiap orang. Penampilan yang baik harus pula dengan merawat kesehatan rambut. Namun, masalah yang sekarang sering dijumpai pada rambut adalah kerontokan yang disebabkan seringnya mengganti sampo dan gaya. Rambut yang rontok terus menerus dapat menyebabkan kebotakan. Mengkonsumsi seledri dapat membantu mengurangi rambut rontok dan membantu menyuburkan rambut.

Caranya mudah, siapkan sekiranya 10 tangkai daun seledri kemudian haluskan. keramaslah seperti biasa, setelahnya gosokkan seledri yang dihaluskan tersebut pada rambut hingga merata. Pijatlah dengan lembut rambut agar meresap pada kulit kepala. Kemudian diamkan selama sejam dengan menggunakan shower cap atau topi pembungkus. Bilas hingga bersih rambut setelah satu jam. Lakukan seminggu dua kali untuk perawatan untuk hasil yang maksimal.(republika)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s