Hingga April Jabodetabek Masih Alami Pancaroba, Hujan Deras Kerap Terjadi

banjir pancarobaJakarta – Wilayah Jabodetabek akhir-akhir ini kerap diguyur hujan dengan intensitas beragam. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika menyebutkan, hingga April ini Jabodetabek masih memasuki masa transisi alias musim pancaroba.

“Jadi secara umum awal untuk 2016 itu terjadi antara Mei-Juni, posisinya saat ini masih di bulan April. Kalau di bulan April itu ada masa transisi atau pancaroba,” ujar Kepala Sub Bidang Informasi Meteorologi Publik BMKG Hary Tito Djatmiko saat dihubungi detikcom, Rabu, (20/4/2016) malam.

Hary menggambarkan, dalam musim pancaroba, bukan sesuatu yang aneh di saat musim kemarau juga kerap terjadi hujan. Secara spesifik, Hary mendeskripsikan perbedaan curah hujan antara bagian utara dan selatan wilayah Jabodetabek.

“Untuk wilayah Jabodetabek, di bagian selatan masih musim hujan, secara jumlah akumulasi masih hujan sepanjang hari. Kalau bagian utara masih masuk transisi hujannya siang sampa malem habis itu berhenti,” imbuhnya.

Terkait dengan ancaman banjir di musim pancaroba ini, BMKG tidak bisa mengaitkan musim pancaroba ini dengan ancaman banjir.

“Faktornya banyak, curah hujan kan cuma salah satunya. Jadi BMKG juga ga bisa mengeluarkan peringatan banjir atau semacamnya,” tutup dia.
(Hbb/Hbb – detik )

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s