Hidup Enak Meski Idap Diabetes, Bisa Kok!

 Hidup Enak Meski Idap Diabetes, Bisa Kok!Jakarta, Diabetes melitus atau kencing manis merupakan salah satu penyakit tidak menular yang berbahaya. Selain tak bisa disembuhkan, pengobatan juga dilakukan seumur hidup.

Meski begitu, bukan berarti pasien diabetes tidak bisa hidup enak dan normal seperti orang lain. Pakar mengatakan pasien diabetes bisa tetap produktif dan hidup nyaman asalkan gula darah tetap terkontrol.

“Bisa kok. Bisa banget pasien diabetes hidupnya nyaman dan enak. Kuncinya atur gula darah, jaga makanan dan aktivitas fisik,” tutur Prof Dr dr Sidartawan Soegondo, Guru Besar Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, kepada detikHealth, baru-baru ini.

Diabetes melitus merupakan penyakit yang menyerang sistem metabolisme tubuh. Pasien diabetes memiliki gangguan pada pankreas yang membuatnya tak bisa memproduksi insulin dalam jumlah normal.

Hal ini membut gula darah tidak bisa dikonversi menjadi energi. Akibatnya kadar gula darah pasien diabetes cenderung tinggi dan menyebabkan rasa lemas, gangguan penglihatan hingga kehilangan kemampuan untuk menyembuhkan luka.

Tak hanya itu, diabetes juga bisa menyebabkan komplikasi yang mengakibatkan gagal ginjal, impotensi, infeksi paru-paru bahkan kecacatan akibat amputasi pada anggota tubuh yang mengalami pembusukan luka. Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut kurang lebih 1,5 juta orang meninggaal tiap tahunnya akibat komplikasi diabetes.

Di Indonesia diperkirakan ada kurang lebih 10 juta orang dengan diabetes. Jumlah ini bisa meningkat dua kali lipat pada tahun 2030 seiring bertambah banyaknya pengidap obesitas dan kelebihan berat badan.

(mrs/vit-detik)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s