Kemenhub Buka Mudik Gratis Buat Pemotor yang Naik KA, Ayo Daftar!

Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka pendaftaran mudik gratis buat pemotor yang naik KA. Tiket KA-nya beli namun sudah disediakan. Ayo daftar!

Penyelenggaraan mudik motor gratis dengan kereta api tahun ini menawarkan tiga stasiun tujuan yang melalui tiga lintasan yaitu:

  1. Lintas Utara: kereta api akan berhenti di Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Ngrombo, Stasiun Cepu, Stasiun Bojonegoro, Stasiun Babat, dan berakhir di Stasiun Surabaya Pasarturi.

  2. Lintas Selatan 1: kereta api akan berhenti di Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Gombong, Stasiun Kebumen dan mengakhiri perjalanan di Stasiun Kutoarjo.

  3. Lintas Selatan 2: kereta api akan berhenti di Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Solo Jebres, Stasiun Madiun, Stasiun Kertosono, dan Stasiun Kediri.

Seluruh keberangkatan dilakukan dari Stasiun Jakarta Gudang dengan stamformasi terdiri atas 1 Lok CC + 7 Kereta Bagasi. Masing-masing lintas mampu mengangkut 406 motor.

“Mudik motor gratis ini diperuntukkan bagi masyarakat yang memiliki tiket keberangkatan mudik dan kepulangan balik ke lokasi yang sama dengan tiket,” jelas Dirjen Perkeretaapian Hermanto Dwiatmoko dalam rilis yang diterima, Rabu (16/3/2016).

Kemenhub menyediakan 4 kereta api yang diperuntukkan bagi penumpang peserta mudik dengan tarif yang berbeda-beda sesuai dengan relasinya. KA Kertajaya dengan tarif Rp 150.000 per penumpang akan berhenti di Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Ngrombo, Stasiun Cepu, Stasiun Bojonegoro, Stasiun Babat dan Stasiun Surabaya Pasar Turi.

Untuk KA Bengawan dengan tarif Rp 76.000 per penumpang akan berhenti di Stasiun Purwokerto, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, dan Stasiun Solo (Purwosari).

Sedangkan KA Brantas dengan tarif Rp 80.000 per penumpang akan berhenti di Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Solo Jebres, Stasiun Madiun, Stasiun Kertosono dan Stasiun Kediri. KA Kutojaya Utara dengan tarif Rp 100.000 per penumpang akan berhenti di Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Gombong, Stasiun Kebumen dan Stasiun Kutoarjo.

Fasilitas pembelian tiket penumpang itu selama persediaan masih ada dengan maksimal pembelian tiket untuk 3 (tiga) orang penumpang.

Pendaftaran sudah dapat dilakukan di stasiun Pasar Senen dan Stasiun Jakarta Gudang sejak 8 Maret 2016 – 6 Juni 2016 dengan syarat:

  1. Bawa dokumen lengkap STNK, SIM dan KTP asli beserta masing-masing 3 (tiga) lembar fotokopi dari dokumen tersebut.
  2. Kondisi motor yang akan digunakan pada penyelenggaraan mudik gratis tersebut: tidak boleh ada modifikasi atau pun aksesoris tambahan, kaca spion wajib dilepas oleh pemudik, harus ada penyangga atau standar tengah (standar dua), harus dilengkapi dengan pegangan belakang serta untuk keamanan dalam pengangkutan kondisi tangki besin harus kosong.

Jadwal arus mudik gratis menggunakan motor yaitu tanggal 28 Juni –3 Juli 2016 (H-8 s/d H-3), sedangkan jadwal untuk penumpang yaitu 29 Juni – 4 Juli 2016. Untuk jadwal arus balik gratis menggunakan motor yaitu tanggal 10 – 16 Juli 2016 (H+3 s/d H+9), sedangkan jadwal untuk penumpang yaitu tanggal 11 – 17 Juli 2016.
(nwk/nrl – detik)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s