Orang Terkaya China, dari Mantan PNS Hingga Mantan Guru Bahasa Inggris

Jakarta -China masih menguasai daftar orang terkaya dunia versi Forbes. Total miliuner di China mencapai 590 atau sepertiga dari seluruh miluner dunia.

Kekayaan para miliuner ini datang dari industri yang beragam, mulai dari manufaktur, properti, hingga teknologi.

Berikut ini adalah lima orang terkaya China versi Forbes, Rabu (2/3/2016).

  1. Urutan 107 dunia. Lei Jun (46). Kekayaan US$ 9,8 miliar (Rp 127 triliun)
    Lei mendapat predikat Steve Jobs China setelah sukses mendirikan Xiaomi, produsen ponsel murah asal China. Sekarang ini Xiaomi sudah merambah pasar internasional, termasuk India dan Brasil. Lei juga berinvetasi di perusahaan game seperti YY dan perusahaan software Kingsoft.
  1. Urutan 90 dunia. Robin Li (47). Kekayaan US$ 11 miliar (Rp 143 triliun)
    Robin Li merupakan pemilik perusahaan mesin pencari, Baidu, yang kini menjadi salah satu perusahaan internet tiga besar di China. Saingannya adalah Alibaba dan Tencent.

Trio ini dikenal dengan nama julukan BAT. Baidu juga sudah melebarkan sayapnya ke jual-beli online hingga situs berbagi video.

Li mengawali karirnya sebagai karyawan Infoseek di Silicon Valley akhir 1990an. Ia mendirikan Baidu.com pada 2000 dan melepas sebagian sahamnya ke bursa AS di 2005.

  1. Urutan 46 dunia. Ma Huateng (44). Kekayaan US$ 16,6 miliar (Rp 215 triliun)
    Pria yang dikenal dengan julukan Pony Ma ini mendirikan Tencent Holdings di 1998. Perusahaan yang sahamnya dijual di bursa Hong Kong ini bergerak di bidang sosial media, jual-beli online, dan permainan.
  1. Urutan 33 dunia. Jack Ma (51). Kekayaan US$ 20,5 miliar (Rp 266 triliun)
    Jack Ma merupakan miliuner dari China yang paling terkenal. Mantan guru bahasa Inggris ini adalah pemilik Alibaba.com yang 2014 lalu menjual sahamnya di Bursa New York.

Pasca aksi korporasi itu ia sempat diobatkan sebagai orang terkaya di Negeri Tirai Bambu dengan harta kekayaan US$ 25 miliar.

Ma dulunya hanyalah seorang guru miskin yang menerima jasa penerjemah bahasa Inggris di tahun 90-an. Setelah mengenal internet, ia memutuskan untuk memfasilitasi para pedagangan Tiongkok menjual barang ke luar negeri melalui dunia maya.

Sekitar 15 tahun lalu ia mendirikan Alibaba dengan modal US$ 60.000 (Rp 600 juta). Sekarang perusahaan yang ia pimpin bernilai lebih dari US$ 200 miliar setelah melantai di Bursa New York.

  1. Urutan 18 dunia. Wang Jianlin (61). Kekayaan US$ 28,7 miliar (Rp 373 triliun).
    Wang Jianlin merupakan pemilik dari Dalian Wanda Group, perusahaan dengan berbagai bisnis, mulai dari properti hingga jualan online.

Wang menjadi orang terkaya di China melalui grup usahanya, yaitu Dalian Wanda Group, sebuah perusahaan real estate komersial yang mengontrol lebih dari 200 toserba, pusat perbelanjaan, dan hotel mewah.

Wang lahir di Provinsi Sihuan pada 1954, setelah revolusi Komunis. Pada 1970 dia masuk militer hingga 1986 karena orangtuanya adalah anggota tentara China. Setelah itu, dia menjadi pegawai pemerintah di Dalian, provinsi Liaoning.

Dari situ, Wang banting setir jadi wirausahawan dengan mengakuisisi perusahaan real estate yang hampir bangkrut, bernama Dalian Wanda pada 1990an. Bisnis Wang sekarang berkembang pesat, tidak hanya di China. (detik)

(ang/dnl)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s