6 Tips Menjaga Keamanan Saat Nonton Gerhana

 6 Tips Menjaga Keamanan Saat Nonton GerhanaJakarta – Saat melihat gerhana, traveler tetap harus waspada dengan tindak kejahatan yang bisa saja terjadi. Berikut 6 tips agar tetap aman saat nonton gerhana.

Sebentar lagi, tepatnya tanggal 9 Maret 2016, gerhana matahari total akan melintas di 12 daerah di Indonesia. Momen langka ini diperkirakan akan disaksikan oleh lebih dari puluhan ribu wisnus dan wisman.

Berbagai titik melihat gerhana pun akan dipadati warga lokal dan wisatawan. Di tempat yang ramai ini kamu harus tetap waspada. Agar diri sendiri dan barang bawaan tetap aman, ada beberapa tips yang bisa dicoba.

Disusun detikTravel, Selasa (1/3/2016), inilah 6 tips menjaga keamanan saat menonton gerhana:

1. Jangan sembarangan meletakkan gadget

Gerhana matahari total termasuk fenomena langka. Baik ponsel, kamera dan peralatan lain yang menunjang pengambilan gambar tentunya akan banyak dibawa. Sebaiknya jangan letakkan gadget di sembarang tempat, letakkan di tempat masih dalam jangkauan.

Misalnya ingin memotret momen munculnya gerhana dengan kamera digital agar hasilnya bagus, tapi kemudian kamu juga ingin mengabadikannya di ponsel agar mudah update status. Setelah menggunakan kamera, jangan meletakkannya sembarangan di tempat terbuka. Langsung saja gantungkan di leher atau masukkan ke dalam tas.

Begitu pula jika kamu sudah memasang kamera di tripod dengan posisi yang pas, tapi butuh meninggalkan spot itu sebentar untuk mengambil benda lain. Sebaiknya jangan asal meninggalkan tripod dan kamera begitu saja, bawa saja dulu dan nanti letakkan kembali di spot yang pas. Atau titipkan dengan teman yang kamu percaya.

2. Letakkan tas di bagian depan

Tas yang kamu gunakan baik selempang maupun ransel, sebaiknya diletakkan di bagian depan tubuh. Ini dilakukan supaya tas selalu dalam jangkauan tangan dan lebih mudah untuk diawasi.

3. Kenakan pakaian yang nyaman dan sopan

Spot melihat gerhana matahari total tentunya bakalan dipadati wisatawan. Agar lebih asyik nonton gerhana di tempat yang ramai, pilihlah pakaian yang nyaman. tapi juga harus tetap sopan. Jangan terlalu ketat atau berpotongan rendah.

4. Jangan pakai perhiasan mencolok

Tampil trendy saat menonton gerhana boleh-boleh saja. Yang penting perhiasan yang dikenakan jangan terlalu berlebihan, terutama untuk traveler wanita. Kenakanlah secukupnya saja.

Jika menggunakan kalung atau gelang emas yang heboh, bukan tidak mungkin malah menjadi pemicu tindah kejahatan. Tentunya tidak asyik sekali jika acara nonton gerhana jadi terganggu gara-gara perhiasan dijambret.

5. Hindari membawa terlalu banyak barang

Sebelum berangkat ke spot melihat gerhana, persiapkan barang bawaan seperlunya saja. Tas yang dipakai sebaiknya juga tidak terlalu besar agar tidak repot dibawa dan mudah dijaga.

6. Peka dengan keadaan sekitar

Bagi kamu yang bertualang sendirian untuk nonton gerhana, cobalah lebih peka terhadap keadaan sekitar. Untuk traveler wanita siapkan pepper spray untuk menjaga diri. Jangan mudah percaya juga dengan orang yang baru dikenal, karena bisa saja kamu ditipu oleh mereka.

Yang pasti, kamu harus tetap waspada di manapun berada. Semoga wisata melihat gerhana kali ini bisa berjalan lancar dan aman! (krn/shf – detik)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s