Rusia Kerahkan Sistem Rudal Canggih ke Suriah, AS Khawatir

sukhoi su-24 rusia jatuh

Washington, – Rusia telah memutuskan untuk mengerahkan sistem pertahanan udara tercanggihnya ke pangkalan militernya di Suriah, menyusul penembakan pesawat tempurnya oleh jet tempur Turki. Langkah Rusia ini menimbulkan kekhawatiran besar bagi militer Amerika Serikat.

Moskow menyatakan, pihaknya mengerahkan rudal-rudal antipesawat S-400 ke Latakia di Suriah. Rudal-rudal tersebut memiliki jarak jangkauan sekitar 400 kilometer, yang artinya bisa mencapai hingga jauh ke dalam wilayah Turki atau bisa menjadi ancaman bagi pesawat-pesawat koalisi internasional anti-ISIS yang dipimpin AS.

“Itu sistem persenjataan canggih yang membawa ancaman signifikan bagi siapapun,” kata seorang pejabat AS yang enggan disebut namanya.

“Ada kekhawatiran yang signifikan terkait dengan operasi udara di Suriah,” imbuhnya kepada kantor berita AFP, Kamis (26/11/2015).

Sejak Agustus 2014 lalu, AS memimpin koalisi internasional yang telah melancarkan serangan-serangan udara terhadap kelompok radikal ISIS di Suriah dan Irak. Belakangan, Rusia pun ikut membombardir Suriah dengan alasan untuk memerangi ISIS dan kelompok-kelompok teroris lainnya. Namun negara-negara Barat menuding target utama serangan udara Rusia adalah para pemberontak anti-rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Pejabat AS lainnya mengatakan, pengerahan S-400 tersebut seharusnya tidak mempengaruhi operasi koalisi di Suriah. “Kami tak akan mencampuri operasi Rusia dan mereka juga tak akan mencampuri operasi kami. Tak ada alasan bagi kami untuk saling menargetkan satu sama lain,” tegas pejabat AS tersebut.
(ita/ita – detik )

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s