Massa Buruh Tiba di Patung Kuda, Lalin Thamrin-Medan Merdeka Barat Ditutup

demo buruh

Jakarta – Massa buruh sudah mulai tiba di kawasan Patung Kuda, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Lalu lintas yang menuju kawasan Patung Kuda mulai ditutup polisi. Patung Kuda merupakan pusat aksi ini sebelum buruh melakukan long march.

Sekitar pukul 10.30 WIB, Selasa (1/9/2015) massa buruh yang jumlahnya baru seratusan orang telah tiba di kawasan Patung Kuda langsung melakukan orasi. Mereka membawa spanduk dan bendera serikat buruh.

Untuk menghindari kemacetan, pihak kepolisian sudah menutup jalan dari arah Jalan Thamrin menuju Jalan Medan Merdeka Barat yang melewati kawasan Patung Kuda. Selain itu, Jalan Budi Kemuliaan menuju Jalan Medan Merdeka Selatan juga ditutup.

Walau begitu, untuk lalu-lintas dari Jalan Medan Merdeka Barat menuju Jl MH Thamrin tetap dibuka. Jalan Medan Merdeka Selatan menuju Jalan Thamrin juga tetap normal.

Untuk mengamankan demo buruh, banyak polisi berjaga-jaga di lokasi. Selain polisi, TNI, Satpol PP dan Dishub DKI juga ikut membantu mengamankan jalannya demo.

Demonstrasi hari ini digalang oleh Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) pimpinan Said Iqbal,  Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) pimpinan Abdul Andi Gani dan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) pimpinan Moh Dofir. Mereka mengklaim akan mengerahkan 48 ribu buruh. Mereka juga menjamin demo ini berjalan aman dan tertib.

Dalam demo kali ini para buruh meminta sejumlah tuntutan yakni agar Jaminan Hari Tua (JHT) diperbaiki agar tidak merugikan buruh, buruh jangan dikriminaliasi, Tenaga Kerja Asing (TKA) jangan sampai menggilas buruh lokal dan sistem pengawasan dilakukan pusat sehingga apabila ada perusahaan yang melakukan pelanggaran maka bisa segera ditindak.
(rii/spt – detik)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s