Atasi Mood Buruk dengan Lima Minuman Ini

minuman untuk moodSedang galau, sulit fokus, atau selalu ingin marah? Jika Anda merasakan hal ini ada baiknya Anda segera memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda. Pasalnya penelitian menyebut, bahwa dehidrasi bisa membuat mood seseorang menjadi tak karuan.

Beberapa jenis minuman diketahui dapat meningkatkan mood Anda. Apa saja? Berikut daftarnya:

1. Sulit fokus
Atasi dengan air lemon (jeruk) hangat. Dehidrasi dapat mengacaukan kemampuan Anda untuk berkonsentrasi. Oleh karena itu segera minum jika Anda merasa tak fokus. Dan, minuman jenis ini bisa membantu membuat Anda tetap fokus, yakni air lemon hangat. Sebuah studi menunjukkan bahwa menghirup aroma lemon saja dapat meningkatkan konsentrasi otak, apalagi jika Anda mengonsumsinya. Tak hanya itu, kandungan vitamin C di dalamnya juga berperan mempengaruhi bagian otak untuk tetap fokus.

2. Stres
Atasi dengan mengonsumsi teh susu chamomile. Teh chamomile telah terbukti khasiatnya dalam mengurangi rasa cemas dan mudah tersinggung, sementara susu dari sapi yang makan rumput mengandung asam linoleat (CLA), berfungsi meningkatkan aliran darah ke otak dan melawan efek dari hormon stres kortisol. Menggabungkan dua minuman ini bisa melawan stres. Cara membuatnya pun mudah cukup tambahkan susu dalam secangkir teh chamomile, lalu tambahkan madu sebagai pemanis.

3. Sedih
Atasi dengan mengonsumsi yoghurt, khususnya Greek yogurt. Jika suasana hati sedang tak karuan, ada cara mudah untuk mengatasinya yakni dengan mengonsumsi Greek yogurt, sejenis yogurt yang memiliki tekstur lebih tebal dari yogurt biasa. Konsumsi Greek yogurt bisa meningkatkan kadar neurotransmitter sehingga dapat meningkatkan suasana hati Anda. Beberapa ahli bahkan mengatakan probiotik pada Greek yogurt bisa menjadi obat untuk melawan depresi.

4. Frustasi
Atasi dengan Chai Tea. Chai tea tak hanya lezat, tapi juga mengandung berbagai rempah-rempah seperti kayu manis. Sebuah penelitian yang dipublikasikan 2009 lalu menemukan bahwa menghirup bau kayu manis dapat meningkatkan kewaspadaan dan menurunkan frustrasi. Tak hanya itu, kayu manis juga bisa menjaga kadar gula tetap stabil. Jadi, jika frustasi melanda, segera seduh chai tea untuk meredakannya.

5. Lelah
Atasi dengan teh hijau. Minuman yang kian populer ini mengandung L-theanine, asam amino yang dapat meningkatkan gelombang otak alpha sehingga membuat tubuh tetap rileks. (prevention.com – suara)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s