China Bikin Geger Dunia, AS Takut Dolar Makin Kuat

One-hundred Yuan notes are seen in this picture illustration in Beijing March 22, 2011. REUTERS/Jason Lee
One-hundred Yuan notes are seen in this picture illustration in Beijing March 22, 2011. REUTERS/Jason Lee

Jakarta -Langkah China yang sengaja melemahkan nilai mata uang yuan membuat Amerika Serikat (AS) ketakutan. Rencana bank sentral AS, The Fed untuk menaikkan bunga acuannya bakal mundur di tahun ini.

Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro mengatakan, bila bunga acuan AS naik, maka dolar AS akan makin kuat. Bila ini terjadi, maka barang produksi AS bakal tidak kompetitif dan kalah murah dibandingkan barang China.

“Justru devaluasi China malah bisa membuat The Fed jadi agak ragu-ragu, karena kan kalau dia menaikkan tingkat bunga, makin kuat lagi dia terhadap semua mata uang,” tutur Bambang.

“Padahal dengan China mendevaluasi, kan berarti sekarang ini pun dolar makin kuat terhadap China dan yang lainnya. Karena begitu China devaluasi, yang lain ikut pasti, atau yang lain terimbas. Ujungnya kan dolar makin kuat, dolar makin kuat itu juga bisa membuat AS berpikir dua kali,” papar Bambang di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/8/2015).

Pelemahan yuan yang terjadi ini menambah ketidakpastian di pasar keuangan global. Indonesia harus terus menjaga kestabilan ekonomi di dalam negeri. Jangan sampai, guncangan dari China membuat dana asing keluar.

Bambang tidak bisa menyalahkan langkah yang dilakukan oleh China. Karena langkah itu dilakukan dalam menghadapi pertumbuhan ekonomi yang melemah dan ekspor yag melambat. China menganggap yuan sudah terlalu kuat, dan membuat nilai barang yang diproduksinya tidak bisa bersaing dengan kondisi ekonomi dunia saat ini.

“Devaluasi China ini kenapa dampaknya besar, mungkin karena semua orang kaget. Tidak menyangka ada gerakan seperti ini,” ujar Bambang.(detik)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s