3-8-1957: Pemimpin Pertama Malaysia

tunku-abdul-rahman_663_382

Lima puluh delapan tahun lalu, Tunku Abdul Rahman terpilih untuk memimpin Malaysia selama lima tahun. Dia juga dikenal sebagai kepala negara pertama yang membawa Malaysia menjadi negara merdeka.

Laman stasiun televisi BBC mengungkapkan bahwa penunjukan Rahman berkat pemilihan yang dilakukan para sultan seantero kerajaan Malaya di Kuala Lumpur. Dia pun dipersiapkan untuk mewakili Malaysia menerima penyerahan kedaulatan dari pemerintah kolonial Inggris pada 31 Agustus 1957. Pada hari itu pula ditetapkan sebagai hari kemerdekaan Malaysia.

Rahman merupakan saudara dari Sultan Kedah. Dia lulusan Universitas Cambridge pada 1925 dan kembali ke Inggris untuk menekuni studi hukum usai Perang Dunia II.

Usai membawa Malaysia merdeka, Rahman melakukan sejumlah reformasi yang membagi kekuasan para sultan yang telah memerintah di wilayah masing-masing secara turun-temurun selama ratusan tahun.

Pada 1970, Rahman memutuskan pensiun dari panggung kekuasaan, atau setahun setelah memberlakukan keadaan darurat menyusul kerusuhan etnis terbesar di Malaysia, yang menewaskan sekitar 2.000 orang. (viva)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s