Latihan Kebugaran Tetap Penting Selama Ramadan

kebugaran dan doaJakarta: Berlawanan dengan kepercayaan pada umumnya, berolahraga saat Ramadan sangat baik untuk tubuh. Setidaknya itulah yang dikatakan ahli kesehatan dari pusat kebugaran Ignite, Guillaume Mariole melansir Arabian Bussiness, Rabu (8/7/2015).

“Latihan kebugaran baik untuk merevitalisasi energi dan dapat membantu mengalihkan diri dari memikirkan makanan dan minuman. Sebulan tak melakukan latihan akan mempengaruhi kekuatan, kebugaran dan daya tahan tubuh, belum lagi hilangnya motivasi karena malas,” kata Mariole.

Mariole mengingatkan banyak orang cenderung mengalami kenaikan berat badan saat Ramadan. Hal itu disebabkan oleh sebagian besar dari mereka tidur hanya beberapa jam setelah berbuka puasa yang membuat tubuh lambat mengolah makanan menjadi sumber energi dan menjadikannya lemak dalam tubuh.

Namun, Ramadan tak harus diisi dengan latihan fisik yang terus menerus, sebaliknya anda bisa melatih diri untuk lebih disiplin, mendetoksifikasi tubuh dan menghilangkan kebiasaan buruk makan segala macam makanan saat tiba waktu berbuka.

Jika anda berkomitmen untuk menurunkan berat badan, Mariole punya beberapa langkah yang bisa dilakukan, di antaranya, jangan terlalu fokus pada aktifitas fisik yang berat. Jika berpuasa, tentunya tubuh punya sedikit energi. Cobalah tetap melakukan latihan kebugaran dengan gerakan-gerakan ringan.

Olahraga seperti yoga, pilates, berenang atau bersepeda adalah beberapa pilihan latihan yang bisa dilakukan selama Ramadan. Selain ringan, latihan ini juga tak menyebabkan berkeringat berlebihan. Jika ingin melanjutkan dengan latihan fisik, anda harus melakukannya setelah buka puasa. Dalam hal ini anda harus mengonsumsi cukup protein sebelum latihan untuk memberikan energi pada tubuh.

Mariole menyarankan, hal paling penting sebelum melakukan latihan adalah memerhatikan kebutuhan tubuh dan tak memaksakan diri. Jika tubuh sudah merasa pusing, hentikan semua aktifitas fisik yang tengah anda lakukan.
MEL(metrotv)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s