Telat Bangun Sahur? Dokter Sarankan Sarapan Sereal plus Susu

tips puasa sehatJakarta, Bangun sahur bertepatan dengan waktu imsak terkadang menjadi kendala tersendiri saat berpuasa. Meski waktu sahur sedikit, dokter menyarankan agar tetap sahur dengan menu ini.

dr Inge Permadhi, SpGK, dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia – Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo mengatakan sereal merupakan menu tepat ketika waktu sahur sangat terbatas. Sebabnya, sereal mengandung kandungan gizi yang lengkap untuk kebutuhan beraktivitas sehari-hari.

“Menu sereal paling tepat. Karena selain mengandung karbohidrat kompleks, ada protein dan seratnya juga. Ditambah dengan minum susu, agar tak cepat merasa lapar,” tutur dr Inge kepada detikHealth, dan ditulis Jumat (26/62015).

Sereal yang terbuat dari gandum mengandung karbohidrat yang baik sebagai sumber energi. Namun karbohidrat mudah diserap tubuh sehingga rasa lapar akan terasa.

Untuk itu dibutuhkan protein sebagai sumber energi cadangan dan serat untuk melengkapinya. Serat memperlambat penyerapan karbohidrat sehingga rasa lapar akan tertunda.

“Serap itu akan melindungi glukosa, sehingga tidak terlalu mudah diserap tubuh. Akibatnya energi dapat tersimpan lebih lama dan rasa laparnya berkurang,” tambahnya lagi.

Penuhi juga kecukupan air minum. Caranya tentu saja dengan menabung persediaan air dari berbuka puasa di hari sebelumnya. Sehingga meskipun sahur hanya dengan sereal dan susu, tubuh tidak akan dehidrasi karena kekurangan cairan.

“Jangan lupa juga makan buah kalau bisa. Buahnya yang mengandung banyak cairan seperti semangka. Jadi kalaupun sahurnya mepet puasanya tetap kuat,” pungkasnya.(detik)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s