Agar Tak Mudah Haus Saat Puasa, Ini Pola Minum yang Disarankan Dokter

air minumJakarta, Rasa haus adalah tantangan yang umum dirasakan oleh orang yang berpuasa di bulan Ramadan. Terkait hal tersebut dokter punya saran pola minum yang baik.

Selama Ramadan umat muslim yang menjalani puasa tidak makan dan minum sejak menjelang pagi hingga malam. Karena itu siang hari saat di mana matahari terik menyengat biasanya rasa haus biasa menyerang.

Dr dr Saptawati Bardosono, MSc, SpGK, dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) mengatakan untuk mengatasinya maka kebutuhan air tubuh harus terpenuhi sebelum puasa dimulai. Setidaknya sekitar 2 liter air atau 8 gelas perlu dikonsumsi tubuh.

“Kita dianjurkan untuk minum sedikitnya 8 gelas dalam sehari semalam, sehingga bisa diatur untuk rutin minum minimal segelas setiap dua jam. Namun, saat puasa hal tersebut tidak dapat dilakukan sehingga diharapkan setelah buka puasa sampai dengan saat sahur bisa minum minimal 8 gelas,” kata dr Saptawati ketika dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (24/6/2015).

Menurut dokter yang akrab disapa dr Tati ini cara yang disarankan untuk memenuhi kebutuhan air adalah dengan membaginya jadi dua gelas setiap sesi minum. 2 gelas ketika berbuka puasa diselingi makan ringan, 2 gelas ketika makan berat, 2 gelas sebelum tidur, dan terakhir 2 gelas ketika sahur.

Dr dr Ermita I. Ilyas, MS, AIFO, dari Departemen Fisiologi FKUI mengatakan hal serupa dan menekankan bahwa pembagian tersebut dilakukan agar perut mudah menerimanya. Apabila seseorang yang berbuka sekaligus langsung minum banyak tentu akan tak nyaman.

“Jangan minum sekaligus banyak karena bisa menyebabkan kembung dan cepat keluarnya cairan tubuh,” pungkas dr Ermita.(detik)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s