Rupiah Melemah, ini Komentar Gubernur BI

agus martowardoyoJAKARTA — Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan pelemahan nilai tukar terhadap dolar AS tidak dialami Indonesia semata melainkan juga sejumlah negara-negara lain.

Kurs rupiah sendiri untuk pertama kalinya menembus level Rp 13.300 berdasarkan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) pada Rp 13.360 per dolar AS atau merosot 0,54 persen dari Rp 13.288 per dolar AS Jumat lalu.

“Semua pada lebih dalam, kamu lihat hari ini contohnya currency Korea, Malaysia semua lebih dalam dari kita tekanannya,” kata Agus usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi XI, di Gedung DPR, Jakarta (8/6).

Agus mengatakan hal ini merupakan reaksi dari perkembangan yang terjadi di luar negeri. Agus melihat, Indonesia harus menghadapi kondisi ini dengan baik dan tetap waspada.

Agus mengkhawatirkan terjadinya currency war dalam tiga tahun ke depan apabila program peningkatan suku bunga di AS berjalan secara berkala. Menurutnya, hal tersebut akan berdampak pada mata uang di negara-negara lain.

“Ke depan, resiko adanya currency war itu ada, karena sekarang ini periode super dolar AS menguat dan akibatnya negara-negara lain kena dampaknya. Kita harus tetap waspada,” ungkapnya.

Untuk itu, Agus menegaskan BI akan selalu menjaga stabiltias nilai rupiah, namun kalau ada tekanan dari pihak luar, BI harus tetap menjaga dalam batas yang dapat diterima, termasuk menjaga kepercayaan pasar. “Pasar tahu BI selalu menjaga stabilitas untuk itu,” jelasnya.

Sementara itu, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menegaskan saat ini bukanlah currency war, tapi menguatnya dolar AS terhadap mata uang lainnya. “Sekarang bukan currency war, yang terjadi aadalah dolar menguat terhadap segalanya,” ujar Bambang.

Menurut Bambang, penguatan dolar AS terhadap mata uang lain tidak terelakan lantaran tingkat bunga AS naik sehingga otomatis uang bergerak ke arah dolar AS. “Itu natural, yang penting jaga fundamental kita,” tegasnya.(republika)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s