Ini Kata Menag Soal Modus Buku Nikah Palsu untuk Kawin Lagi

menag lukman

Jakarta – Para pelaku pemalsuan buku nikah yang ditangkap Polres Jakarta Timur mengaku telah lama beroperasi karena memang banyak yang memesan jasa pemalsuan tersebut. Rata-rata pemesan adalah mereka yang berniat kawin lagi.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan, mereka yang menggunakan jasa buku nikah palsu kemungkinan besar memang karena memiliki niat negatif. Salah satunya yaitu mereka yang ingin menikah lagi namun tak ingin diketahui pihak-pihak tertentu.

“Pasti orang yang melakukan pernikahan dengan buku palsu, pasti motifnya negatif, karena kalau motifnya baik dia tidak akan melakukan pemalsuan,” ujar Menag di kantornya, Jl Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis (4/6/2015).

“Ketika seseorang melakukan dengan sadar tindakan yang tidak semestinya, kemungkinan besar ada motif-motif yang tidak baik. Mau nikah lagi supaya tidak ketahuan misalnya,” tuturnya.

Lukman menambahkan, jika menggunakan buku nikah palsu karena ketidaktahuan, maka tak ada sanksi apapun. Hanya saja yang bersangkutan harus melakukan pernikahan ulang.

“Kalau korban itu kan artinya bukan karena kehendaknya. Kecuali kalau memang terbukti secara hukum ada motif niat kesadaran penuh untuk melakuka penipuan. Maka akan kita tindak tegas,” pungkasnya.(detik)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s