Setelah Kritik World Bank, Jokowi Ditawari Pinjaman

presiden-joko-widodo-di-jepang_663_382

Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden World Bank, Jim Yong Kim, hari ini, Rabu 20 Mei 2015, di Istana Merdeka, Jakarta. Ini adalah pertemuan pertama Jokowi, setelah dia mengkritik World Bank pada saat Konferensi Asia Afrika beberapa waktu lalu.

Kim tiba di Kompleks Istana Kepresidenan pada pukul 08.50 WIB dan langsung disambut oleh Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro.

Menurut Bambang, pada pertemuan itu, Presiden Kim menegaskan bahwa Indonesia tetap menjadi mitra World Bank. Dalam pertemuan ini mereka membahas tiga hal yaitu soal ibu melahirkan dan gizi balita, perbaikan iklim usaha di Indonesia dan pengembangan pariwisata.

“World Bank sejalan dengan Pak Presiden mendatangkan wisatawan yang lebih besar ke Indonesia. Itu gambaran singkat pertemuan tadi,” kata Bambang.

Sementara itu, dalam konferensi persnya, Kim mengatakan bahwa Jakarta kota yang dipilih pertama kalinya untuk membuka kantor cabang Wold Bank. Dengan Jokowi, mereka membahas mengenai kerjasama yang semakin kuat.

“Kami berbagi tentang pengalaman, investasi yang semakin besar dan beberapa energi pokok,” kata Kim.

Bank Dunia, kata Kim, berkomitmen untuk membangun dan memperluas kemitraan dengan Indonesia. Keduanya juga membahas soal infrastruktur Indonesia.

“Saya sangat optimis dengan masa depan Indonesia,” lanjutnya.

Dalam pertemuan ini, Indonesia juga kembali ditawari pinjaman dana.

“Dan sekarang kita membahas dengan Bappenas. Terima kasih untuk Pak Bambang (Menkeu). Kami berharap dapat meningkatkan selama dua tahun ke depan,” kata dia.

Selain Menteri Keuangan, hadir dalam pertemuan ini Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto. (viva)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s