Pria, Anda Takut Kena Kanker Prostat? Makan Tomat

tomat prostat

Beragam jenis buah dan sayur, tak hanya memiliki rasa nikmat. Namun, juga punya kandungan nutrisi kaya khasiat, salah satunya tomat. Buah merah merona ini, ternyata manjur untuk mencegah risiko datangnya kanker prostat bagi pria.

Sebuah penelitian di Inggris menemukan fakta bahwa tomat bisa dijadikan senjata ampuh melawan dan mencegah risiko penyakit kanker prostat pada pria. Penelitian ini dilakukan dengan meneliti gaya hidup dan pola makan 20 ribu pria pada usia 50-69 tahun.

Dilansir dari BBC, hasil penelitian menyatakan bahwa pria yang mengonsumsi sebanyak 10 porsi tomat dalam sepekan, terbukti dapat mengurangi risiko kanker 18 persen. Konsumsi buah dan sayur beragam sebanyak 5 porsi dalam sepekan, juga manjur memangkas risiko itu hingga 24 persen.

“Tomat mengandung lycopene, sebuah antioksidan, yang bisa melindungi tubuh dari kerusakan sel dan DNA, jadi ia baik untuk mencegah kanker,” ujar Vanessa Er, peneliti dari Bristol University. O, ya, risiko kanker juga dapat ditekan dengan menjauhi rokok dan rutin berolahraga. (viva)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s