Kapolres Jaksel Beri Sinyal Tak Akan Pidanakan PSK Artis Asuhan Robbi

PRESS ROOM POLRIJakarta – Kapolres Jakarta Selatan Komisaris Besar Wahyu Hadiningrat memberi sinyal tidak akan menjerat para pekerja seks komersil (PSK) asuhan Robbi Abbas (RA). Penyidik beralasan harus memperdalam pasal sangkaan yang menjerat RA.

“Proses penyidikan kami fokus terhadap profesi pelaku, bukan profesi perempuan atau pengguna. Karena pasal yang harus digali profesinya, betul enggak terjadi pemucikarian,” kata Kombes Wahyu di diskusi Prostitusi Artis yang digelar di Gedung Divisi Humas Polri, Jl Senjaya, Jakarta Selatan, Selasa (12/5/2015).

Dalam perkara yang menjerat RA, penyidik menerapkan sangkaan seperti yang ada di dalam pasal 296 dan 506 KUHP. Pasal 296 adalah terkait memberi kesempatan, mempermudah perbuatan pencabulan. Sementara Pasal 506 mengambil keutungan dari perbuatan cabul itu sendiri, dalam hal ini ada pemucikarian.

Ancaman pidana penjara dalam kedua pasal tersebut adalah 1 tahun 4 bulan penjara. Meski demikian, polisi tetap melakukan penahanan kepada RA.

“Karena ini menjadi pengecualian di KUHP, dan bisa dilakukan penahanan,” ujar Wahyu.

Sementara untuk para perempuan asuhan RA, kata Wahyu, pihaknya menjadikan saksi.

Disinggung adanya keterlibatan pihak lain, Wahyu mengatakan bahwa selama beroperasi, RA mengutamakan kerahasian kerja. “Untuk sementara dilakukan dia sendiri. Karena yang diprioritaskan kerahasiaan, sehingga tidak melibatkan banyak orang,” ujarnya.

Oleh karena itu pula penyidik mengalami kesulitan dalam mengungkap praktik prostitusi papan atas ini. “Jadi tidak gampang, ini sangat ekslusif sekali,” kata Wahyu.(detik)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s