APTB Sebuah Kesalahan, Organda DKI: APTB Kantongi Izin

konpersorganda-aptbJakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) menyebut pengadaan bus APTB di masa lampau sebuah kesalahan. Namun Organda DKI menyatakan bus-bus ini sudah mengantongi izin.

“APTB dilindungi (payung hukum) dengan terbitnya trayek izin APTB. Ini artinya sudah sah. Kalau itu dipermasalahkan saya bisa PTUN-kan,” ungkap Ketua Organda Shafruhan Sinungan dalam jumpa pers di kawasan Halim Perdanakusuma, Jaktim, Kamis (7/5/2015).

Hingga kini permasalahan operasi APTB masih menemui jalan buntu. Organda DKI menilai dua opsi yang ditawarkan Pemprov merugikan. Opsi yang pertama adalah APTB diizinkan tetap masuk dalam jalur Busway dan mengangkut penumpang TransJ tanpa mendapat kompensasi dari penumpang maupun Pemprov DKI.

Kemudian yang kedua adalah APTB hanya diizinkan masuk jalur busway hingga halte-halte perbatasan untuk menurunkan penumpang dari kota-kota penyangga.

“Organda bukan menolak, tapi Organda disuruh pilih opsi yang sama-sama rugi. Kalau terpaksa enggak ada jalan lain kita pilih opsi kedua tapi pastinya akan punya dampak. Opsi kedua kerugiannya lebih kecil,” kata Shafruhan.

“Saya tahu Pak Gubernur sangat care dengan masyarakat tapi saya khawatir banyak informasi yang menyesatkan beliau. Kami pun tidak mengancam. Mungkin nggak kita pengusaha ngancam pemerintah? Pemerintah kan penguasa. Kami kan hidup di bawah naungan regulator. Kami sangat dukung kebijakan pemerintah kok,” sambungnya.

Shafruhan berharap agar kerja sama antara Organda yang menanungi operator-operator APTB dengan Pemprov bisa terus berjalan. Ia juga mengingatkan bahwa APTB ini juga merupakan kebijakan dari pejabat-pejabat terdahulu.

“Kalau ada pelanggaran awak APTB ditindak, kami senang malah. Ini kan kepentingan untuk semua, bukan untuk golongan. Ini kebijakan yang diminta oleh pejabat terdahulu supaya perusahaan swasta berpartisipasi memberi pelayanan khususnya dari daerah penyangga,” jelas Shafruhan.

Sumber : Detik

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s