Ketua DPR Dukung Langkah Jokowi Selamatkan Rakyat dari Bahaya Narkoba

setya_novantoJakarta – Pimpinan DPR RI mendukung sepenuhnya langkah Presiden Joko Widodo mengeksekusi terpidana mati. Bagaimanapun Jokowi bertanggungjawab menyelamatkan rakyat Indonesia dari bahaya narkoba.

“Bahwa semua terpidana mati yang telah dieksekusi, telah diberikan haknya untuk memperoleh keadilan dalam semua tingkatan termasuk mengajukan grasi maupun PK di Mahkamah agung. Tentu apabila semua prosedur hukum itu telah ditempuh, maka status hukumnya menjadi berkekuatan hukum tetap atau inkrah. Nah. Bila telah seperti itu, maka penegakan hukum Harus dilakukan sebagaimana hukuman yang dijatuhkan pengadilan,” kaa Ketua DPR RI Setya Novanto kepada detikcom, Kamis (30/4/2015).

Sedangkan dalam kasus terpidana asal Filipina bernama Mary Jane yang eksekusinya ditunda, menurut Novanto, perlu dihargai. Karena ternyata di last minute ada orang yang disangka menjebak Mary Jane menyerahkan diri.

“Saya lihat di menit-menit terakhir menjelang eksekusi, ternyata ada temuan baru yakni penyerahan diri orang yang disangka menjebak Mary Jane terkait narkoba. Tentu ini Harus diproses agar diperoleh keadilan,” kata Novanto.

Khusus kasus Mary Jane tentu ada proses hukum lain yang harus dibuktikan. Kalau memang tak mengubah bobot hukuman maka Mary Jane tetap harus dieksekusi.

“Nah. Nanti kita lihat proses hukum selanjutnya. Apabila ternyata proses hukum itu tidak mengubah bobot hukuman, ya yang bersangkutan Harus dieksekusi. Demikian pula sebaliknya. Kita lihat saja,” katanya.

“Saya selaku ketua DPR mendukung langkah tegas pemerintah Indonesia, dalam hal ini Presiden Jokowi yang begitu tegas dalam menegakkan hukum. Kita semua mesti mendukung langkah pemerintah menyelamatkan rakyat dari bahaya narkoba ini,” pungkasnya.

Sumber : Detik

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s